Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita Banjar50 Hektare Sawah di Banjar Alami Kekeringan

50 Hektare Sawah di Banjar Alami Kekeringan

Photo dokumentasi HR.

indexBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di musim kemarau ini, sekitar 50 hektare lahan sawah di Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami kekeringan. Meski begitu, namun cadangan pangan yang tersedia sebanyak 40 ton dinilai masih sangat cukup.

Hal itu dikatakan Kabid. Ketahanan Pangan Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, H. Basir, SP., MP, kepada harapanrakyat.com, Selasa (25/08/2015). Dia juga tak menampik, bahwa saat ini di Kota Banjar ada kelompok tani yang terkendala masalah kekeringan, kekurangan pasokan air dan terserang hama wereng akibat pengaruh kemarau panjang. Sehingga, produktivitas tanaman padinya menjadi terganggu.

Basir juga menyatakan, pihaknya telah memprogramkan tanam padi di sejumlah kelompok tani yang ada di Kota Banjar melalui sistem tanam Jajar Legowo, terkait adanya pernyataan dari Ketua P4S Ikamaja Bagusantri, Abdul Kholik, yang meminta Pemkot Banjar harus mendorong petani untuk menanam padi, jagung dan kedelai (pajale).

“Kami juga sudah mendukung program pemerintah mewujudkan ketahanan pangan. Bahkan, di Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, pada hari Senin, 24 Agustus kemarin, kita mengadakan penen raya demplot pekarangan. Sedangkan hari Selasanya, yaitu 25 Agustus, dilaksanakan demplot padi sawah di Kecamatan Purwaharja,” paparnya.

Pihaknya berharap, Poktan Bagusantri yang dibina P4S Ikamaja, bisa menjadi contoh teladan bagi kelompok tani lainnya. Melalui pelatihan ini, penyuluh pertanian mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyebarkan informasi teknologi tujuh komoditas strategis. (Nanks/R3/HR-Online)