Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarAntisipasi Bencana & Kerawanan Sosial, Pemkot Banjar Bentuk FKDM

Antisipasi Bencana & Kerawanan Sosial, Pemkot Banjar Bentuk FKDM

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna mengantisipasi bencana dan kerawanan sosial, Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Kesatuan Bangsa (PMPDKBpol), membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Selasa (11/08/2015).

Kapala PMPDKBpol Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., mengatakan, pengurus FKDM ini merupakan orang-orang yang sudah terbiasa berorganisasi, serta memiliki kepedulian terhadap keamanan dan lingkungan di lingkungan masing-masing.

“Mereka diambil dari perwakilan tokoh masyarakat, agama, pemuda, ormas dan elemen masyarakat lainnya se- Kota Banjar . Semoga setelah dibentuk, pengurus FKDM dapat menjalankan fungsi dan acara dengan baik,” harapnya.

Menurut Wawan, dalam hal ini pihaknya hanya memfasilitasi masyarakat saja, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kewaspadaan dini.

Kepala Seksi Kesbangpol, Rina, menambahkan, pembentukan FKDM di Kota Banjar, sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah.

“Mestinya bisa terbentuk sejak diamanatkan. Namun demikian, kita bersyukur karena keadaan di Kota Banjar kondusif. Kedepan, setelah FKDM kota dibentuk, maka akan segera dibentuk pula di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan. Karena jenjangnya FKDM memang dari pusat hingga desa dan kelurahan harus ada,” pungkasnya. (Nanks/R3/HR-Online)