Senin, November 29, 2021
BerandaBerita TerbaruBaca Ini Sebelum Anda Membeli Powerbank

Baca Ini Sebelum Anda Membeli Powerbank

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Anda pengguna smartphone pasti akan sering men-charger. Pasalnya, smartphone sangat membutuhkan daya yang besar, terlebih jika Anda menggunakannya sangat intens.

Yang lebih sulitnya lagi bagi Anda pecinta ponsel pintar, saat melakukan perjalanan jauh dan sulit mendapatkan jaringan listrik itu akan menjadi masalah. Sebab, melakukan traveling ponsel tersebut membutuhkan tenaga ekstra, yang nantinya akan digunakan untuk mengabadikan momen selama traveling, mencari informasi atau media komunikasi.

Namun Anda tak usah khawatir, untuk mengatasi masalah itu ada alat yang dapat menyimpan daya sehingga bisa digunakan mencharge ponsel smartphone tanpa harus menyolokannya pada listrik. Dan bisa dibilang sangat praktis.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan juga dalam memilih powerbank yang sesuai dengan kebutuhan ponsel. Memang powerbank banyak dijual dengan harga murah, tapi tidak awet bahkan cepat rusak.

Jika Anda tidak teliti memilih powerbank yang bagus, Anda akan sia-sia membawa powerbank tersebut, yang disebabkan cepat habis dan memakan waktu lama saat menunggu daya smartphone Anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih powerbank sebelum Anda membelinya:

# Cari tahu daya baterai smartphone dan powerbank

Ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar, pasti akan menyedot daya dalam powerbank Anda. Untuk itu Anda harus mengetahui daya dari baterai smartphone tersebut. Jangan sampai daya baterai smartphone Anda besar, tapi powerbank yang Anda beli lebih kecil, maka ponsel yang dicharger oleh powerbank tidak akan full.

Oleh karena itu, pilih powerbank yang memiliki daya simpan yang sesuai dengan kebutuhan ponsel atau kalau bisa besar. Jika kapasitas smartphone sebesar 2.500 mAH, maka carilah powerbank yang berkapasitas lebih dari 4.000 mAH hingga 6.000 mAH.

# Powerbank dengan fitur power-cut dan auto-cut

Sebaiknya powerbank yang Anda punya memiliki fitur power-cut. Hal itu untuk mencegah jika powerbank Anda terjadi korslet, sehingga ponsel Anda akan aman-aman saja.

Sedangkan auto-cut sangat berfungsi untuk menghentikan daya listrik saat powerbank di charge tersebut sudah penuh. Biasanya powerbank yang memiliki auto-cut akan lebih awet.

# Perhatikan garansi

Perhatikan garansi dari powerbank yang hendak Anda beli. Selain itu, jika klaim garansi harus ke mana. Lebih baik jika toko tersebut akan memberikan jaminan bila powerbank tersebut rusak kembali ke mereka untuk membantu ganransi. Hati-hati, kalau powerbank tersebut bergaransi kurang dari 1 bulan, sebaiknya Anda jangan membelinya. Karena kemungkinan besar powerbank tersebut kualitasnya menjadi pertanyaan.

# Perhatikan Merek

Sebelum Anda membeli powerbank, sebaiknya Anda sering-sering mencari informasi terlebih dulu, bisa baca di forum-forum atau blog, atau bisa cari di google merek yang bisa dijadikan referensi Anda. Atau kalau Anda sudah kenal dan merek tersebut mempunyai reputasi yang baik di bidang baterai atau peralatan elektronik, itu lebih bagus. Kalau bisa Anda membelinya di tempat yang memang authorized dari merek tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru