Desa Neglasari Banjar Realisasikan Pembangunan Kirmir

Pengerjaan kirmir sepanjang 130 meter di Dusun Warungbuah, Desa Neglasari, tepatnya di DKM 9, RT.32. Photo: Eva Latifah/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada tahap pertama pencairan Dana Desa dan ADD tahun anggaran 2015, Pemerintah Desa (Pemdes) Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, telah merealisasikan pembayaran siltap para perangkat desa dan biaya operasional lembaga, termasuk operasional pemdes.

Kepala Desa Neglasari, Setiaman, mengatakan, dana tersebut diterima pihaknya dua hari sebelum Lebaran. Sedangkan, untuk realisasinya setelah Lebaran, kecuali pembayaran siltap perangkat dan lembaga desa.

“Kalau yang direalisasikan sesudah Lebaran itu pengerjaan kirmir di dua titik, tepatnya di Dusun Warungbuah, yaitu satu titik di DKM 7, RT.28 dan RT.30, panjangnya 100 meter, dan satu titik lagi di DKM 9, RT.32, panjangnya 130 meter. Pekerjaan tersebut dibiayai dari Dana Desa,” tuturnya, kepada HR, Senin (10/08/2015).

Untuk selanjutnya, kata Setiaman, di tahap 1 ini juga akan melaksanakan pelatihan-pelatihan, diantaranya pelatihan keagamaan Ikatan Remaja Masjid (IRMA), yang pesertanya dari setiap DKM. Kemudian, pelatihan keuangan bagi bendahara dan Kaur. Keuangan Desa Neglasari.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan kegiatan sambil mengerjakan SPJ, karena ingin secepatnya dibereskan agar pencairan Dana Desa dan ADD tahap ke dua bisa segera turun. Karena di tahap dua nanti, untuk pengerjaan pembangunan infrastruktur semuanya akan dikerjakan secara full.

“Harapan saya sebagai kepala desa, setelah direalisasikannya pembayaran siltap, maka kualitas kinerja para perangkat desa bisa semakin membaik, begitu pula terhadap tanggung jawabnya semakin meningkat lagi,” kata Setiaman.

Selain itu, dirinya juga berharap, dengan adanya pembangunan di Desa Neglasari, swadaya masyarakat dapat diperlihatkan. Sebab, untuk kelancaran sebuah pembangunan diperlukan adanya peran aktif dari masyarakatnya. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA