Diminta Buat Regulasi Perbaikan Pelayanan Kesehatan, Ini Kata DPRD Banjar

DPRD Banjar: Anggota Dewan Jarang Ngantor Tidak Langgar Tatib

Gedung DPRD Kota Banjar. Foto: Dokumentasi HR

DPRD Banjar: Anggota Dewan Jarang Ngantor Tidak Langgar Tatib

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Anggota Komisi I DPRD Kota Banjar, Gun Gun, mengatakan, pihaknya akan mempelajari dan mengkaji usulan perbaikan regulasi pelayanan kesehatan di Kota Banjar.

“Kami akan tindak lanjuti, dan tentu akan coba cari masukan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan regulasi yang diharapkan pihak Dinkes dan Puskesmas. Setelah itu, kami akan usulkan dalam bahasan Prolegda,” tukasnya, kepada Koran HR, pekan lalu. [Baca juga: DPRD Banjar Diminta Buat Regulasi Perbaikan Pelayanan Kesehatan]

Sebelum masuk Prolegda, kata Gun Gun, pihaknya juga akan melihat pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang ada di wilayah Kota Banjar. Dari situlah nanti akan dapat gambaran seperti apa kebutuhan Perda Pelayanan Kesehatan Puskesmas sejak era JKN, dan tentunya apa yang harus dilakukan oleh pemerintah Banjar (eksekutif), untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta.

Sebelumnya, di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini, DPRD Kota Banjar diminta agar berupaya membuat perbaikan regulasi, atau Perda tentang pelayanan kesehatan dan retribusi pelayanan kesehatan, baik di Puskesmas DTP (Dengan Tempat Perawatan), maupun Non-DTP.

Hal itu dikatakan Kepala Puskesmas Langensari II, drg. Robyanto, pekan lalu. Menurut dia, semua itu harus diperhatikan untuk menyesuaikan dengan era JKN, sebab Puskesmas merupakan ujung tombak dari program JKN.

“Era JKN ini, tentu Pukesmas menjadi bertambah tanggung jawabnya, yaitu peran promotif dan preventif jangan sampai menurun. Karena dimungkinkan akan berakibat makin membengkaknya jumlah masyarakat yang sakit,” katanya. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA