Pawai Alegoris HUT RI ke-70, Ribuan Warga Banjar “Tumplek” di Jl. Letsoe

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejak pagi sekitar jam 08.00 WIB, ribuan warga Kota Banjar, Jawa Barat, tumpah-ruah memenuhi ruas Jalan Letjen. Soewarto, untuk menyaksikan pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70, Selasa (18/08/2015).

Pawai alegoris yang diikuti semua SKPD, desa/kelurahan/kecamatan se-Kota Banjar, serta perusahaan BUMN, BUMD, mapun perusahaan swasta itu, menampilkan berbagai kesenian dan hasil-hasil pertanian.

Semua penampilan tersebut membuat decak kagum warga yang menyaksikan pawai alegoris. Untuk kesenian yang ditampilkan dari setiap perwakilan desa/kelurahan diantaranya tari kuda lumping, jaipong, reog, dan ronggeng.

Selain kesenian, masyarakat Banjar juga disuguhkan dengan beraneka ragam kendaraan hias, baik roda empat maupun roda dua dari setiap SKPD dan instansi swasta yang ada di Kota Banjar.

Beni (37), warga Lingkungan Pataruman, Kota Banjar, mengatakan, dirinya bersama keluargamya, sudah sejak pagi berada di Jalan Letjen. Soewarto, guna menyaksikan iring-iringan para peserta pawai alegoris.

“Sejak jam 8 pagi saya di sini bersama anak, tujuannya hanya ingin menyaksikan pawai alegoris,” kata Beni, kepada HR.

Hal serupa juga dikatakan Ajat Darmawan (33), warga Desa Sukamukti, Kota Banjar. Menurutnya, kegiatan pawai alegoris ini sangat menghibur masyarakat. “Kalau bisa rutenya diperpanjang, jadi pawainya lebih lama,” ujar Ajat, sambil tersenyum.

Pawai alegoris dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang biasa digelar setiap tahun, memang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Banjar. Dengan ditampilkannya peserta berkostum unik ala pejuang 45, dan juga berbagai macam kendaraan hias, serta beragam produk unggulan dari setiap desa/kelurahan, sehingga warga menjadi tahu setiap produk unggulan dari masing-masing daerahnya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjar, Ian Rakhmawan Suherli, ST., M.Si., mengatakan, melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih menggali kreatifitasnya dalam menciptakan produk unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan.

“Kesuksesan pembangunan berawal dari peran aktif masyarakat yang berkontribusi bagi kemajuan pemerintah daerah,” kata Ian, ketika ditemui HR di ruang kerjanya, usai mengikuti kegiatan pawai alegoris.

Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, SIP., M.Si., melalui Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., menilai, bahwa pesta rakyat ini sebagai suatu energi positif yang besar, yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain di Asean.

Pawai alegoris dalam parayaan HUT Kemerdekaan RI, diharapkan dapat meningkatkan persatuan bangsa, serta membentuk pribadi bangsa Indonesia yang berkarakter dan memiliki identitas di mata negara lain.

Darmadji menambahkan, untuk kedepannya, kegiatan pawai alegoris ini harus mempunyai tema, seperti tema pembangunan, kesenian, dan lain-lain. Sehingga, dalam setiap tahunnya tidak monoton.

“Untuk kedepannya, dalam pawai alegoris ini panitia harus menentukan tema kepada para peserta, jadi dalam iring-iringannya tidak terlihat monoton,” ucapnya.

Pesta rakyat HUT Kemerdekaan RI ke-70 di Kota Banjar itu, diakhiri dengan kirab merah putih oleh klub motor Vespa Kota Banjar. (Hermanto/R3/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA