Pemprov Jabar akan Bangun Dermaga Nelayan di Pangandaran

Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Pemprov Jabar akan Bangun Dermaga Nelayan di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemprov Jabar berencana akan membangun dermaga atau pelabuhan khusus untuk nelayan di beberapa daerah pesisir selatan Jawa Barat, seperti di Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Kabupaten Pangandaran.

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, mengatakan itu usai menggelar silaturahmi Idul Fitri di Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, Selasa (28/07/2015) lalu.

Deddy menegaskan, di daerah pesisir selatan Jawa Barat sudah harus dibangun pelabuan khusus untuk nelayan. Hal itu agar memudahkan kapal nelayan yang berukuran besar atau 30 GT ke atas bersandar di pesisir pantai.

“Karena kapal nelayan berukuran besar tidak bisa menepi jika peraiarannya dangkal. Makanya, harus dibuat pelabuan yang memadai, agar aktivitas nelayan bisa terbantu, ” katanya, seperti dikutip laman jabarprov.go.id, Selasa (28/07/2015).

Saat ini, lanjut Deddy, pelabuhan khusus nelayan hanya terdapat di Pangandaran. Namun luas dan kapasitasnya masih berukuran kecil.

“Meski di Pangandaran sudah ada, tetapi luas arealnya harus diperluas. Untuk pelabuan nelayan di Pangandaran akan diperluas agar bisa menampung lebih banyak kapal-kapal nelayan yang berukuran besar,” ujarnya.

Deddy pun berharap dengan berdirinya pelabuan baru di Pangandaran dan Sukabumi dapat membantu dalam peningkatan hasil tangkapan ikan para nelayan. (Jp/Rubrik Jabar Berkibar Koran-HR)