Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarBegini Cara Warga Desa Cibeureum Banjar Rayakan HUT RI

Begini Cara Warga Desa Cibeureum Banjar Rayakan HUT RI

Perangkat Desa Cibeureum mengikuti balap bakiak.

cibeureum 3Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam membangun di masyarakat, bukan saja pembangunan bidang fisik, tapi harus dituntut pula membangun dari segi bathiniah. Hal itu dikatakan Kepala Desa Cibeureum, Kecamatan/Kota Banjar, Yayan Sukirlan, kepada HR, Selasa (01/09/2015).

“Jadi perlu ada keseimbangan dalam membangun di masyarakat itu, seperti dari bidang keagamaannya, seni budayanya, dan olah raga. Untuk Desa Cibeureum sendiri, bidang tersebut sudah dilaksanakan salah satunya dalam acara menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70. Disitu nampak jelas pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut Yayan mengatakan, bahwa untuk bidang keagamaan, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan yang meliputi hapalan Al-Qur’an, lomba adzan, Pildacil, cerdas-cermat dan lomba qosidah.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Karang Taruna Desa, bekerjasama dengan MUI Desa Cibeureum. Sedangkan, untuk pesertanya melibatkan anak-anak sekolah tingkat SD dan SMP.

“Kenapa pesertanya anak-anak, karena masalah keagamaan harus ditanamkan, dipupuk sejak dini, karena mereka itu adalah penerus generasi bangsa,” tandasnya.

Sedangkan, untuk bidang seni budaya, pihaknya juga telah melaksanakan beberapa event kegiatan tersebut, baik seni tradisional maupun modern yang diikuti oleh para peserta perwakilan dari lima dusun se-Desa Cibeureum.

Untuk seni tradisionalnya menampilkan pasanggiri tari jaipong, calung dan degung. Sedangkan pada kesenian modernnya menapilkan parade band dengan berbagai genre musik, seperti akustik dan reagge.

“Ada kalusul yang tidak pernah tergambarkan sebelumnya oleh kami, karena dengan diadakannya pentas seni tersebut ternyata anak-anak Desa Cibeureum ini memiliki banyak sekali potensi, dan ini sangat surprise sekaligus kami merasa bangga,” ucap Yayan.

Kemudian, untuk kegiatan bidang olah raga telah dilaksanakan sejak awal bulan Agustus, diantaranya lomba bola volly putera/puteri, futsal, lomba dayung di Situleutik, tenis meja dan bulutangkis.

Pada kegiatan bidang sosial, Pemdes Cibeureum juga melaksanakan lomba pawai alegoris dan lomba kebersihan antar dusun. Dalam lomba kebersihan, setiap dusun menghias jalan, serta memasang gapura/kaca-kaca di jalan gang. “Untuk lomba kebersihan dimenangkan oleh Dusun Cijambu,” katanya.

Yayan menyebutkan, semua kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pemerintah desa. Meski demikian, setiap dusun pun tetap melaksanakan berbagai kegiatan lainnya, yakni berupa lomba permainan rakyat. (Eva/Koran-HR)