Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita BanjarBPJS Ketenagakerjaan Gencarkan Sosialisasi Bersama Pemkot Banjar

BPJS Ketenagakerjaan Gencarkan Sosialisasi Bersama Pemkot Banjar

Photo ilustrasi net/Ist.

BPJS_KetenagakerjaanBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Kota Banjar, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat, seiring dengan pengoperasiannya secara penuh pada 1 Juli 2015.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Kota Banjar, Duyo, saat ditemui harapanrakyat.com, di ruang kerjanya, Kamis (10/09/2015), mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui perusahaan maupun OPD.

“Semenjak resmi membuka kantor di Kota Banjar tiga bulan lalu, sifat welcome walikota kepada kami cukup besar. Bahkan, beliau menunggu launching KCP ini. Untuk sosialisasi ke perusahaan dan ke setiap intansi yang ada pun, kami begitu terbantu oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjar,” ucapnya.

Sosialisasi dilakukan, agar masyarakat semakin tahu dan faham mengenai manfaat, fungsi dan peran BPJS Ketenagakerjaan yang akan menjalankan empat program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun.

“Tiga program pertama sudah ada sejak BPJS masih bernama PT Jamsostek (Persero), sedangkan Jaminan Pensiun adalah program terbaru,” terang Duyo.

Sementara itu, Kabid. Naker Dinsosnaker Kota Banjar, Wasino, membenarkan, bahwa sejak kantor BPJS Ketenagakerjaan hadir di Kota Banjar ini, pihaknya ikut membantu sebagaimana tugasnya selaku dinas terkait.

“Kami telah bantu dan mendampinginya ke sejumlah perusahaan dan OPD di lingkungan Pemkot Banjar. Tujuannya tiada lain, agar para pegawai non-PNS jadi peserta. Namun, berapa jumlah persisnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami belum mengetahuinya,” kata Wasino.

Sedangkan, untuk kepesertaan PNS, menurut Wasino, hal itu ranah teknisnya ada di DPKAD, termasuk kebijakan walikota untuk melakukan penganggaran pembayaran iurannya. (Nanks/R3/HR-Online)

- Advertisment -