Charging Qi, Teknologi Yang Bisa Isi Baterai Smartphone Tanpa Kabel

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-Ada beberapa alternatif untuk mengisi daya baterai ponsel Anda, baik dengan menggunakan jaringan listrik atau menggunakan powerbank yang semuanya menggunakan kabel.

Namun baru-baru ini ditemukan alternatif baru untuk pengisian daya di smartphone tanpa menggunakan kabel dengan nama Charging Qi. Keunggulan teknologi ini, yaitu Anda bisa mengisi ponsel pintar Anda tanpa perantara kabel yang cukup merepotkan.

Seperti yang dilansir dari Qinside, Selasa (1/9/2015), ternyata kata ‘Qi’ merupakan bahasa dari Cina yang artinya energi yang mengalir.

Sistem kerja yang ada di Charging Qi yaitu energi yang dialirkan secara nirkabel ini terjadi diakibatkan oleh adanya induksi elektromagnetik. Sehingga Anda tidak usah membutuhkan kabel lagi, sebagai perantara arus pengisan daya baterai, namun menggunakan medan elektromagnetik.

Jadi kinerja teknologi ini sangat sederhana, yaitu Charging Station atau Qi Sender akan mengalirkan energi listrik ke Qi Receiver atau ponsel mobile.

Namun dengan catatan ponsel pintar Anda mempunyai perangkat yang mendukung teknologi Qi. Pasalnya, saat ini tidak semua ponsel pintar mempunyai perangkat Qi Receiver.

Ada beberapa produsen ponsel pintar yang sudah ada Qi Receiver, yaitu diantaranya Nokia, Samsung, Sony, LG, Motorola, dan HTC.

Bahkan dikabarkan perusahaan smartphone lainnya juga telah membuat smartphone yang mendukung teknologi Qi wireless charging. Jika Anda masih penasaran smartphone mana saja yang ada Qi wireless charging, Anda bisa mengakses website qinside.biz. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...