Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarDPRD Banjar Dukung Guru Honorer Diangkat Jadi PNS

DPRD Banjar Dukung Guru Honorer Diangkat Jadi PNS

Photo ilustrasi net/Ist.

Guru-HonorerBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ketua Komisi I DPRD Kota Banjar, Natsir, mendukung sikap MenPAN-RB yang memberikan solusi untuk guru honorer agar bisa diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu tentunya menjadi angin segar bagi sejumlah honorer di Kota Banjar.

“Memang keputusan dan sikap itu yang mesti diambil pemerintah pusat melalui MenPAN-RB. Sebab, di berbagai daerah, termasuk di Banjar ini, sudah banyak guru honorer yang mengajar selama bertahun-tahun,” katanya, kepada harapanrakyat.com, Kamis (17/09/2015).

Menurut Natsir, terkait dengan adanya tahapan dan proses penyeleksian, itu sudah menjadi ketentuan yang mesti disesuaikan dengan ketersedian anggaran. Dirinya menganggap, ketersedian porsi anggaran pendidikan sebesar 20 persen sudah cukup.

“Namun, semua itu harus diimbangi peningkatan kualitas pendidikan di negeri ini, karena ada negara lain yang anggaran pendidikannya lebih rendah dari Indonesia, tapi kualitasnya di atas kita,” tuturnya.

Hal penting lain, kata Natsir, perlunya pelatihan rutin guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, serta penataan tenaga pendidik di setiap sekolah. Jangan sampai di satu sekolah berlebih, sementara di sekolah lain kurang.

Bagi Pemkot Banjar sendiri, harus mengikuti kebijakan pusat. Sehingga, pihaknya menganggap di Kota Banjar tak ada masalah untuk anggaran perekrutan CPNS yang telah dianggarkan dari APBD murni tahun 2015.

“Kami telah sepakati anggaran itu, dan menyetujui waktu APBD murni 2015. Sekarang tinggal komunikasi yang intens saja dengan MenPAN-RB, untuk persiapan perekrutan di tahun 2016. Jadi, saya pastikan anggaran sudah ada sebesar 1 miliar itu akan menjadi Silpa dan akan digunakan di 2016,” pungkasnya. (Nanks/R3/HR-Online)