Hati-hati! Sistem Lockscreen Android Ternyata Mudah Dibobol

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-Info penting buat pemakai smartphone android! Jgor, Pakar keamanan dari Universitas Texas, belum lama ini, mengungkapkan bahwa lockscreen atau kunci keamanan pada smartphone OS Android bisa dengan muda dibobol.

Seperti dilansir dari situs berita online, Kamis (17/09/2015), kunci keamanan pada Android Lollipop versi 5.0 sampai 5.1.1 kemungkinan besar dapat ditembus dan diambil alih oleh para hacker. Caranya, hacker bisa menjalankan aksi pembobolan itu dengan membuat password sendiri dan aplikasi kamera.

Menurut Jgor, sebelumnya smartphone itu akan dipegang hacker, kemudian dia membuat password yang panjang. Hal itu bisa dilakukan melalui fitur Emergency Call (panggilan darurat) dan lockscreen aktif.

“Hacker bisa menulis teks panjang atau copypaste satu kata berulang-ulang biar dapat sebuah password panjang. Setelah teks panjang itu disalin ke clipboard telepon, hacker akan membuka aplikasi kamera. Caranya juga mudah. Untuk Android 5.x bisa dilakukan dari lockscreen, dengan menggesekkan jari pada ikon kamera yang aktif,” kata Jgor.

Lebih lanjut Jgor menuturkan, ketika aplikasi kamera terbuka, hacker bisa menarik panel notifikasi atau pengumuma ke arah bawah, dan mencoba untuk mengakses pada bagian pengaturan telepon.

Langkah itu akan secara otomatis membuat smartphone meminta penggunanya untuk memasukkan password. Setelah itu, hakcer hanya perlu mempastekan password panjang yang tadi sudah dibuat.

“Jika password tadi dimasukkan, maka aplikasi kamera akan tertutup dengan sendirinya dan langsung menunjukkan layar ‘Home’. Dan itu tandanya sistem kunci keamanan smartphone telah berhasil dibobol,” pungkasnya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...