Jelang Sholat Ied, Petugas DCKKTR Bersihkan Taman Alun-alun Ciamis

Petugas kebersihan dari dari Dinas Ciptakarya Kebersihan dan Tata Ruang Kabupaten Ciamis, saat membersihkan areal taman alun-alun Ciamis jelang pelaksanaan sholat ied Idul Adha. Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis-20150924-00061

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menjelang pelaksanaan sholat ied Idul Adha 1436 hijriah atau Kamis (24/9/2015) pagi, puluhan petugas kebersihan dari Dinas Ciptakarya Kebersihan dan Tata Ruang Kabupaten (DCKKTR) Ciamis, sejak dini hari tadi sudah membersihkan areal Mesjid Agung dan Taman Raflesia. Hal itu dilakukan karena lokasi tersebut merupapkan tempat pelaksanaan sholat ied warga Ciamis.

Menurut salah seorang pegawai DCKKTR, Dian, pembersihan areal taman Alun-alun sudah rutin dilakukan menjelang hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. “Pembersihan dilakukan setelah semua pedagang kaki lima (PKL) meninggalkan taman alun-alun yang dibubarkan dari mulai pukul 00:00. Setelah lokasi steril dari PKL, kemudian kami membersihkan sisa sampah yang ditinggalkan pengujung taman,” ujarnya, dini hari tadi sekitar pukul 02.00 WIB.

Dian mengatakan, saat Idul Adha kali ini, di sekitar kawasan Alun-alun tidak terlalu banyak sampah. Hal itu berbeda dengan saat jelang pelaksanaan sholat ied Idul Fitri dua bulan lalu, dimana volume sampah cukup tinggi.

“Dengan mengerahkan petugas sekitar 30 orang, kami bisa membersihkan sampah di seluruh sudut taman hanya dengan waktu dua jam. Berbeda saat Idul Fitri kemarin, dimana kami harus membersihkan sampah hingga pukul 04.00 pagi,” katanya.

Selain membersihkan sampah, petugas Damkar pun turut diterjunkan untuk membersihkan kotoran yang melekat di trotoar dan jalan serta membersihkan bau busuk cairan dari sampah makanan. (es/R2/HR-Online)