Jepang Garap Mobil Berbahan Bakar Gas Hydrogen

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-Pemerintah Tokyo, Jepang, ingin memperkenalkan hydrogen society atau teknologi bahan bakar gas hidrogen ke mata dunia. Rencananya, teknologi ini akan mulai dipromosikan pada tahun 2020 mendatang.

Seperti dilansir ubergizmo.com, Minggu (20/09/2015), pemerintahan Tokyo menyatakan bahwa keinginan tersebut bukanlah main-main. Namun begitu, diperlukan dana cukup besar sekitar Rp 4 triliun untuk penyediaan infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Disamping infrastuktur, pemerintah Jepang juga akan menyediakan sekitar 100 kendaraan bus berbahan bakar hidrogen. Selain kendaraan umum, sebagai bentuk dukungan untuk merealisasikan upaya pemerintah, perusahaan mobil asal Jepang juga segera mengeluarkan Toyota Mirai, mobil pertama yang menerapkan bahan bakar hidrogen.

Pada tahun 2020 mendatang, pemerintah Tokyo memiliki target sekitar enam ribu kendaraan berbahan bakar hidrogen sudah on road. Untuk itu juga, pemerintah sudah menyiapkan subsidi anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk membeli mobil tersebut. (Deni/R4/HR-Online)