Koramil 1313 Banjar Bersama Warga Balokang Bangun MCK

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan sehata, Komando Rayon Militer (Koramil) 1313 Banjar Kodim 0613, melaksanakan pembangunan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK) di rumah Ketua RT.03/01, Dusun Cibeureum, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Sabtu (12/09/2015).

Komandan Koramil (Danramil) 1313 Banjar, Mayor. Deni Rachyudi, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Program Gerakan Sejuta Jamban yang dicanangkan oleh TNI-AD.

“Kami dari Koramil 1313, melaksanakan kegiatan ini di 12 titik yang tersebar di dua wilayah kecamatan, yakni 6 titik di Kecamatan Banjar dan 6 titik di Kecamatan Purwaharja. Pengerjaannya harus beres pada minggu kedua di bulan September ini, dan nanti akan ada pemeriksaan serentak,” kata Deni, kepada HR, Sabtu (12/09/2015).

Dia menegaskan, bahwa pembangunan sarana MCK ini bukan hanya tanggung jawab TNI dan pemerintah daerah saja, namun juga masyarakat pun harus ikut andil dan mendukungnya. Program pembangunan jamban di wilayah Koramil 1313 ini merupakan salah satu program serbuan teritorial, yang bertujuan agar masyarakat setempat dapat hidup sehat dan bersih.

Karena, keberhasilan program tersebut tentunya harus dilandasi dengan kerjasama yang maksimal antar lintas sektoral, baik pemerintah daerah, TNI, serta masyarakatnya. “Kegiatan ini juga sebagai salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat akan selalu terpupuk dan terjalin dengan baik,” kata Deni.

Sementara itu, Babinsa Desa Balokang, Serda. Alban, didampingi Babinmas, Brigadir. Saefuloh, mengatakan, pembangunan jamban di Dusun Cibeureum ini, pihaknya bersama Babinmas dan seluruh perangkat desa, masyarakat, kepala dusun, ketua RT/RW, LPM serta Ketua BPD Balokang, semuanya bergotong-royong dalam pengerjaannya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Balokang, H. Oding Homsin, mengaku bangga sekaligus bersyukur dengan adanya program TNI melalui pembangunan MCK untuk membantu masyarakat Balokang.

“Alhamdulillah, karena selama ini terjalin sinergi yang baik antara TNI, Polri dengan pemerintah desa, karena itu yang saya harapkan. Memang program ini baru pertama, mudah-mudahan kedepan bisa berkelanjutan. Sebab, pasti ada lagi program serupa dari TNI untuk masyarakat,” harap Oding. (Eva/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA