Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarPemdes Karyamukti Banjar Alokasikan Dana Desa untuk Infrastruktur

Pemdes Karyamukti Banjar Alokasikan Dana Desa untuk Infrastruktur

Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, beserta stafnya sedang menyusun rancangan RPJMDes perubahan. Photo: Abdulloh Mukhlis/HR.

Desa KaryamuktiBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa (Pemdes) Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengalokasikan Dana Desa tahap pertama untuk infrastuktur berupa pengerasan Jalan Nagrog Agraria sepanjang 800 meter dengan lebar 2,5 meter.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, ketika ditemui HR di ruang kerjanya, Selasa (01/09/2015). Sedangkan, Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama yang terserap sebesar 25 persen dialokasikan untuk pembayaran siltap perangkat desa dan operasional pemerintahan desa.

Kemudian, ADD juga dialokasikan untuk kelembagaan, BPD, insentif RT/RW, Kader PKK, serta penyelenggaraan pemerintah desa dan pembinaan kelembagaan kemasyarakatan.

“Mengenai BPHPR belum turun, mudah-mudahan hari Selasa ini, dan juga SP2D-nya sama belum turun ditahapan pertama. Insya Alloh, untuk pelaksanaan pengerasan jalan harapannya minggu ini atau awal September 2015 akan selesai,” tutur Ajat.

Selain dari ADD yang 25 persen, juga ditambah dari Dana Desa, dan sisanya dari BPHPR sebesar 15 persen. Ajat mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun rancangan RPJMDes perubahan.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota melalui instansi terkaitnya, karena telah membantu dalam proses pencairan dana tersebut. Sehingga, semua operasional di Pemerintahan Desa Karyamukti bisa dioptimalkan.

“Kami melihat, dalam pelaksanaan program infrastruktur, masyarakat begitu antusias melakukan gotong-royong. Swadaya masyarakat Karyamukti terlihat begitu semangat dalam bekerja. Semoga harapan kami dan masyarakat bisa maksimal sesuai dengan harapan,” pungkas Ajat. (AM/Koran-HR)