Sempurnakan Pembangunan, Desa Mulyasari Banjar Susun Perbaikan RPJMDes

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna mengakomodir permasalahan dan potensi yang ada, serta pelaksanaan pembangunan berkelanjutan dapat terealisasi dengan baik, maka perlu penyempurnaan atau perbaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Hal itu dikatakan Kepala Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Wawan Gunawan, kepada HR, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/08/2015).

“Masih adanya permasalahan dan potensi yang belum terakomodir, maka kami akan melakukan penyusunan perbaikan RPJMDes. Minggu ini, kita memasuki pembentukan tim perumus RPJMDes yang melibatkan perwakilan kelembagaan desa, tokoh masyarakat, dan lain-lain,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa penyusunan perbaikan RPJMDes ini tentunya disesuaikan dengan jabatan dirinya selaku kepala desa, yaitu periode 2013-2019, dan diorientasikan untuk memenuhi cita-cita bersama, yaitu peningkatan kesejahteraan, sekaligus membangun tata pemerintah desa yang demokratis, adil, dan terbuka (transparan).

Melalui penyempurnaan RPJMDes, pihaknya berharap sistem administrasi yang digunakan bisa berjalan sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014. Dimana pada Bab 9 Pasal 79 ayat 1 menjelaskan, pemerintah desa harus mengacu pada  rencana pembangunan kab/kota, dengan hasil Musrenbang tingkat desa.

Artinya, RPJMDes yang akan disusun kembali itu mesti disinkronkan dengan RPJM Kota Banjar. Sehingga, pihaknya menganggap bahwa sangat pentingnya RPJMDes. Oleh sebab itu, pemerintah juga menetapkan tata cara penyusunan melalui Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, yang di dalamnya menjelaskan bagaimana tata cara penyusunan RPJMDes serta Pengembangan RPJMDes yang diharapkan perangkat desa dapat memahami fungsi dan tujuan RPJMDes.

“Setelah terbentuk, nantinya dalam beberapa bulan kebelakang, tim akan melakukan penggalian masalah dan potensi di dusun yang ada di wilayah Desa Mulyasari. Kemudian, jika telah berhasil disusun dan dituangkan dalam draf Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk 6 tahun kedepan,” jelas Wawan.

Dia menambahkan, secara garis besar, dalam penyusunan draf perbaikan RPJMDes di Mulyasari menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur, terutama jalan yang merupakan akses utama transfortasi masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Sementara atas hasil penyerapan dana tahap I, pihaknya tengah membuat laporan pertanggungjawaban yang dananya digunakan untuk Siltap perangkat desa dan operasional kelembagaan, serta ditambah satu lokasi pembangunan atau pengaspalan jalan di Dusun Margaluyu.

Sedangkan, untuk mengisi kekosongan perangkat desa, yaitu Kepala Dusun Rancakole, kini pihaknya melalui kepanitian, sedang melakukan penjaringan dan penyaringan kebutuhan posisi tersebut. (Nanks/Koran-HR)

Loading...