Terbentur Dana, HUT PMI ke-70 di Banjar Sepi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di Kota Banjar, peringatan hari ulang tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke-70, yang jatuh pada hari Kamis, tanggal 17 September 2015, tak terlihat adanya kegiatan. Pasalnya, PMI Kota Banjar tidak mempunyai dana untuk menyelenggarakan kegiatan secara khusus.

Hal itu dikatakan Bendahara PMI Kota Banjar, Maryami, kepada harapanrakyat.com, Kamis (17/09/215). “Diulang tahun ke-70 ini, kami PMI Kota Banjar tak menyelenggarakan apapun, karena memang dana yang dimiliki terbatas,” tukasnya.

Menurut Maryami, saat ini pihaknya sedang fokus pada rencana kegiatan Musyawarah Kota (Muskot), seiring akan habisnya masa bakti kepengurusan. “Sebenarnya PMI Banjar memiliki banyak program, tapi apa daya, yaitu tadi alasannya masalah dana,” ucap dia.

Meski begitu, pihaknya memiliki agenda kegiatan tahunan yaitu berupa lomba Pertolongan Pertama Palang Merah Remaja (PP-PMR). Kemungkinan kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2015.

Sementara itu, mengenai dana bulan bhakti PMI, dalam pengelolaannya pihaknya selalu melakukan transparansi melalui rapat bulanan yang membahas pula tentang penggunaan dana tersebut.

“Kita tidak sembunyi-sembunyi dengan hasil dana itu. Tiap rapat bulan dana juga dibahas penggunaan dananya untuk apa saja, termasuk dapat berapa besarannya,” tandas Maryami.

Pihaknya pun memiliki data real, sehingga siap untuk membeberkan dana tersebut bila ada pihak-pihak lain yang ingin mengetahui lebih jelasnya. Maryami menyebutkan, bahwa dana bulan bhakti PMI tahun 2014, 60 persen digunakan untuk pembinaan SDM pengurus dan relawan PMI, serta PMR, 20 persen untuk tanggap darurat bencana, dan 20 persen lagi untuk operasional masrkas dan mobil PMI. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA