10 Sanggar Seni Ronggeng Tampil Serempak di Pagelaran Budaya Pangandaran

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka milangkala Kabupaten Pangandaran yang ke-3, Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran, mengelar seni budaya tradisional, bertempat di kawasan obyek wisata Batu Hiu, Jum’at-Sabtu (23-24/10/2015). Dalam acara tersebut, sebanyak 10 sanggar seni ronggeng yang ada di Pangandaran ditampilkan secara bersamaan.

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran, Sobar Sugema, mengatakan, seni tradisional yang ada di Pangandaran saat ini sudah semestinya dirawat dan dijaga, serta dilestarikan.

“Seni tradisional, termasuk seni ronggeng, merupakan salah satu aset milik Kabupaten Pangandaran, yang bisa dijadikan salah satu suguhan menarik kepada para wisatawan, terutama turis asing,” kata Sobar, kepada HR Online, Sabtu (24/10/2015).

Kepala Bidang Budaya Disdikbudpora Kabupaten Pangandaran, Umar, menambahkan, agar tidak terjadi kecemburuan diantara penari seni ronggeng, pihak Disdikbudpora dalam pagelaran seni ibing ini sengaja memanggil semua penari dari 10 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran. “Selain itu, secara bersamaan mereka menari bersama masyarakat,” pungkas Umar. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA