Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita Banjar8 KUBe FM di Banjar Dapat Bantuan Rp.160 Juta

8 KUBe FM di Banjar Dapat Bantuan Rp.160 Juta

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar dan Dinsosnaker Kota Banjar, tengah memberikan bimbingan motivasi kepada anggota KUBe FM yang akan menerima bantuan. Photo: Nanang Supendi/HR.

IMG_20151016_233805Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada tahun anggaran 2015 ini, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar memberikan bantuan sebesar Rp.160 juta untuk delapan Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBe FM) di Kota Banjar, yang disalurkan melalui Dinsosnaker Kota Banjar.

Hal itu terungkap saat Dinsos Jabar bersama Dinsosnaker Kota Banjar, memberikan bimbingan motivasi kepada Kelompok Binaan Sosial (KBS) dalam kegiatan pemberdayaan keluarga miskin, atau terhadap delapan KUBe calon penerima bantuan tersebut, Jum’at (16/10/2015), di aula Desa Langensari, Kec. Langensari, Kota Banjar.

“Delapan kelompok usaha itu terdiri dari empat KUBe FM dari Desa Langensari, dan empat KUBe FM Desa Rejasari. Masing-masing mendapat bantuan 20 juta rupiah,” kata Kabid. Sosial Dinsosnaker Kota Banjar, Hani Supartini, AKS., kepada HR Online, disela-sela acara.

Bantuan tersebut nantinya dimanfaatkan secara berkelompok yang disalurkan melalui rekening masing-masing KUBe. Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu memberikan bimbingan motivasi agar kelompok tahu cara-cara penggunaan dananya.

Hani menyebutkan, delapan KUBe FM yang akan mendapat bantuan diantaranya bergerak dalam bidang usaha produksi bata berah, telur asin, peternakan lele, gurame, ternak kambing dan itik. Setelah mendapat bantuan diharapkan akan lebih meningkatkan usahanya, menambah pendapatan, serta meningkatkan kepedulian sosial.

“Atas hasil usaha pada waktunya nanti, KUBe juga harus mampu menyisihkan dana Iuran Kesetiakawanan Sosial. Dana IKS diperuntukan bagi warga tetangga, bahkan untuk anggota KUBe sendiri yang memang sedang membutuhkan uluran tangan akibat terkena musibah, misal sakit atau lainnya,” pungkas Hani. (Nanks/R3/HR-Online)