Awas! Smartphone Anda Diretas Intelejen Melalui Pesan Singkat

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Jika Anda pengguna ponsel pintar harus hati-hati, pasalnya ponsel pintar warga kini bisa diretas intelejen hanya melalui satu pesan singkat saja. Hal itu diungkapkan Edward Snowden, mantan pembocor rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), sekaligus mantan agen intelijen CIA, seperti dilansir surat kabar The Independen, Selasa (06/10/2015).

Menurut Snowden, para pemilik smartphone rata-rata tidak bisa berbuat apa-apa saat ponsel miliknya telah diretas intelijen. Dia juga mengungkapkan, bahwa intelijen Inggris memiliki alat penyadap ponsel bernama Smurf Suite.

Snowden juga menyebutkan, para intelijen hanya perlu mengirimkan satu pesan singkat saja, setelah itu mereka dapat mengakses kamera serta mikropon di ponsel tersebut. Sedangkan, alat yang bisa menghidupkan dan mematikan ponsel yaitu Dreamy Smurf, serta Nosey Smurf ang bisa menyalakan mikropon ponsel pintar, meskipun ponsel itu sedang dimatikan, sehingga intelijen dapat mendengarkan pembicaraan si pemilik ponselnya.

Bahkan, kata Snowden, intelijen Inggris memiliki alat bernama Paranoid Smurf yang mampu mengambil alih kendali ponsel. Sehingga, alat ini bisa membuat ponsel pintar Anda sulit dideteksi saat akan diperbaiki ketika mengalami gangguan/kerusakan.

Menurut Snowden, intelijen Inggris dan Amerika Serikat, termasuk NSA, telah menggelontorkan USD 1 miliar guna mengembangkan alat-alat tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA