Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarCegah Politik Uang Saat Pemilu, KPU Banjar Diminta Sejak Dini Lakukan Sosialisasi

Cegah Politik Uang Saat Pemilu, KPU Banjar Diminta Sejak Dini Lakukan Sosialisasi

Photo: Ilustrasi net/Ist.

olitik-uang-Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

General Manager (GM) Koran Harapan Rakyat (HR) dan HR Online, Bachtiar Hamara, berharap pihak KPU Kota Banjar mampu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk memberikan pencerahan dampak buruk politik uang bagi kehidupan berdemokrasi dan bernegara.

Hal itu dikatakanya terkait hasil riset yang dilakukan KPU Kota Banjar bekerjasama dengan STISIP Bina Putera Banjar, mengenai pemahaman, persepsi dan pengalaman pemilih terhadap politik uang pada Pemilu tahun 2014 di Kota Banjar.

“Untuk itu saya berharap, pihak KPU dan Pemkot Banjar harus sudah sejak dini melakukan sosialisasi agar tidak terjadi politik uang. Sosialisasi jangan dilakukan hanya menjelang perhelatan Pemilu saja,” kata Bachtiar, saat menerima kunjungan dari jajaran Komisioner KPU Kota Banjar, ke Kantor Redaksi HR dan HR Online, di Jl. Kapten Jamhur, Selasa (20/10/2015).

Bachtiar menambahkan, koran HR dan HR Online akan membantu KPU Kota Banjar dalam melakukan sosialisasi pencegahan praktik politik uang. “Nanti kita bicarakan lagi bentuk detail dan teknisnya, yang terpenting kedua belah pihak telah terjalin kesepahaman akan pentingnya sosialisasi tersebut,” tandas Bachtiar.

Sementara itu, Pimred Koran HR & HR Online, Subakti Hamara, meminta KPU Kota Banjar harus berani dan mau melakukan survei lanjutan setelah dilakukannya sosialisasi dan perhelatan Pemilu.

“Apalagi nanti itu Pemilu di Kota Banjar akan dilakukan serentak dengan wilayah lainnya. Hasil survei sekarang akan menjadi target sosialisasi untuk adanya perbaikan perilaku pemilih. Setelah Pemilu, KPU juga harus mampu melakukan survei kembali,” tandasnya. (Eva/R3/HR-Online)