Debat Terbuka Paslon Bupati Pangandaran Digelar 3 November

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, berserta tim kampanye pasangan calon Bupati Pangandaran, sepakat bahwa acara Debat Terbuka I akan di laksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 November 2015, bertempat di Gedung Islamic Center Pangandaran.

Acara tersebut rencananya akan dimulai jam 09.00 WIB sampai selesai. Nantinya, masing-masing pasangan calon membawa pendukung sebanyak 45 orang terdiri dari 20 orang untuk pendukung yang ada di dalam gedung, dan 25 orang lagi pendukung di luar gedung.

Komisioner KPU Kabupaten Ciamis, Didi Heryadi, SH., mengatakan, materi debat sesuai Pasal 22 ayat 5 PKPU No. 7 tahun 2015 tentang kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

Berdasarkan rapat koordinasi kesepakatan dalam mekanisme debat terbuka pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran tahun 2015 yang dilaksanakan di Sekretariat KPU Pangandaran, Rabu (21/10/2015), menetapkan, untuk debat ke-I ada dua tema, yaitu mengenai Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pangandaran, serta Memajukan Kabupaten Pangandaran. “Kalau dilihat dari tema dan susunan acara pada debat terbuka nanti akan memakan waktu diperkirakan sekitar dua jam lamanya. Temanya sesuai dengan pasal 22 ayat 5 PKPU No.7 tahun 2015,” ujar Didi.

Pihaknya berharap, acara dapat dilaksanakan tepat waktu, dan pihaknya juga sepakat bahwa masing-masing pasangan calon dan pendukungnya harus sudah ada di tempat satu jam sebelum acara dimulai. Hai itu untuk menjaga kesesuaian jadwal dengan waktu yang telah ditentukan.

“Saya berharap masyarakat bisa menilai pasangan calon mana yang bisa mengaplikasikan secara langsung visi misinya untuk kesejahteraan masyarakat Pangandaran ini,” katanya.

Didi menambahkan, debat terbuka akan dipandu oleh moderator yang memenuhi syarat sesuai pasal 22 PKPU No.7 tahun 2015, tentang kampanye yang dipandu oleh moderator yang berasal dari kalangan profesional dan akademisi, yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik dan tidak memihak ke salah satu pasangan calon.

“Semuanya sepakat menunjuk guru besar UNPAD asal Ciamis, yaitu Prof. Dr. Asep Warlan, SH., MH.,” pungkas Didi. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA