Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BanjarDi Pemakaman Ciaren Banjar Kerap Terdengar Suara Aneh?

Di Pemakaman Ciaren Banjar Kerap Terdengar Suara Aneh?

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ciaren yang terletak di Lingkungan Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, kerap diisukan dengan cerita-cerita mistik dan terkesan angker. Seperti terjadi beberapa hari kebelakang, di pemakaman tersebut terdengar suara tangisan orang minta tolong.

Hal itu diungkapkan Elan (56), seorang penjaga hotel kelas melati yang bangunannya terletak persis di depan komplek pemakaman Ciaren. Menurut dia, kejadian itu dialaminya pada hari Jum’at (02/10/2015), sekitar jam 02.00 WIB.

“Pada malam itu keadaannya sangat sepi, sehingga suara tangisan seorang perempuan itu terdengar sangat jelas oleh saya. Dalam tangisannya, perempuan tersebut merintih dan meminta tolong,” ujar Elan, kepada HR, Senin (05/10/2015).

Pendapat serupa juga diungkapkan Edi Bachrun (33), penjaga lainnya yang bekerja di hotel tersebut. Dia mengaku, ketika itu dirinya sedang tidur, tapi dibangunkan oleh Elan. Namun, Edi pun sebelumnya tidak percaya dengan apa yang dikatakan Elan mengenai adanya suara aneh itu.

Tapi setelah keadaan sepi, dia pun mendengar sendiri suara rintihan seorang perempuan. “Suaranya mirip orang yang sedang kesakitan, sesekali merintih dan meminta tolong,” katanya.

Edi menuturkan, karena merasa penasaran, akhirnya dia dan Elan mencari sumber suara tersebut. Namun setelah ditelisik, mereka berdua tidak menemukannya. Bahkan, sumber suara itu berpindah-pindah tempat, tetapi masih di areal pemakaman. “Kalau disuruh menceritakan kembali, malah tambah seram,” kata Edi, sambil ngabirigidig.

Sementara itu, Ketua MUI Kelurahan Karangpanimbal, Ustad Maman (50), kepada HR, Selasa (07/10/2015), mengatakan, hal semacam itu jangan terlalu dibesar-besarkan. Karena menurutnya, itu adalah bangsa jin kafir yang tengah mengganggu manusia.

“Manusia jika sudah wafat tidak mungkin kembali ke dunia. Roh manusia sudah berbeda alam dan sudah berada di alam barzah,” tegasnya. (Hermanto/Koran-HR)

- Advertisment -