Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarHari Ini, Kota Banjar Terima Penghargaan Ketahanan Pangan 2015

Hari Ini, Kota Banjar Terima Penghargaan Ketahanan Pangan 2015

Photo ilustrasi net/Ist.

APN_2014Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Banjar, akan menerima penghargaan di bidang ketahanan pangan tahun 2015, atas keberhasilannya dalam upaya mensukseskan program swasembada pangan di daerah.

Kepala Distan Kota Banjar, Ir. H. Ojat Sudrajat, MM., didampingi Kabid. Ketahanan Pangan, H. Basir, SP., MP., Senin (05/10/2015), mengatakan, penyerahan penghargaan tersebut akan dilaksanakan hari Rabu, tanggal 7 Oktober 2015, di halaman depan Gedung Sate Bandung.

Dari tujuh kategori yang dilombakan di tingkat Provinsi Jawa Barat, ada lima kategori yang diraih Kota Banjar, yakni Pelopor Ketahanan Pangan, Pemangku Ketahanan Pangan, Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, Pelayanan Ketahanan Pangan, dan Pembina Ketahanan Pangan.

Ojat menyebutkan, dari lima kriteria tersebut, untuk penghargaan Ketahanan Pangan, juara pertamanya diraih oleh Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Gapoktan Rukun Makmur, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, dan Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kota Banjar, meraih juara kedua pada kategori Pemangku Ketahanan Pangan.

Sedangkan, yang diusulkan oleh provinsi ke tingkat nasional dalam penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2015 adalah, untuk kategori Pelayan Ketahanan Pangan, Ela Nurmawati, SP., dari Bidang Ketahanan Pangan Distan Kota Banjar, meraih juara I.

Kemudian, untuk kategori Pelaku Ketahanan Pangan, Aan H, dari Koptan Sri Asih, Dusun Sindang Asih, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, meraih juara II, dan ketegori Pembina Ketahanan Pangan, Suwarman, Kepala Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, meraih juara II.

Dengan demikian, pihaknya mengaku bangga dan sangat mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas diraihnya penghargaan tersebut. Namun, juara bukanlah suatu tujuan, tapi juara merupakan identitas dari keberhasilan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani, petugas PPL, Dinas Pertanian dan kepala desa yang telah mensukseskan ketahanan pangan di Kota Banjar ini,” ucap Ojat.

Sementara itu, Kabid. Ketahanan Pangan Distan Kota Banjar, H. Basir, SP., MP., menambahkan, bila dibandingkan dengan daerah kota/kabupaten lain, ketahanan pangan di Kota Banjar ini sudah bekerja maksimal, sehingga dapat menorehkan sejumlah prestasi di tingkat provinsi maupun nasional. (Eva/Koran-HR)