Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita CiamisIni Cara Perpusda Ciamis Tumbuhkan Gemar Membaca Pada Anak

Ini Cara Perpusda Ciamis Tumbuhkan Gemar Membaca Pada Anak

Photo: Ilustrasi net/Ist.

anak-anak-membaca-bersama-ilustrasi-_111012164545-271Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- 

Guna menumbuhkan gemar membaca terhadap anak-anak sejak usia dini, Perustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Ciamis, kini memiliki terobosan baru dengan menerapkan program 15 Menit Rindu Membaca.

Kepala Perpusda Kabupaten Ciamis, Tini Nurmasari, mengatakan, program tersebut adalah terobosan baru pihaknya supaya bisa memberikan pemikiran yang mengakar kepada anak-anak usia sekolah di bawah kelas 4 SD.

“Dalam pelaksanaannya, kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, karena sasarannya adalah sekolah, terutama sekolah yang masih kurang dalam pengadaan buku di perpustakaannya,” tutur Tini, kepada HR Online, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2015).

Sedangkan, dipilihnya usia dalam program ini dikarenakan, anak-anak seusia itu jika ditanamkan kebiasaan gemar membaca maka akan mengakar sampai mereka beranjak dewasa nanti.

Tini juga mengatakan, bahwa program 15 Menit Rindu Membaca saat ini sudah berjalan di beberapa sekolah di Kabupaten Ciamis. Namun, dalam waktu dekat ini program tersebut akan dilanjutkan ke sejumlah sekolah lainnya.

“Secara teknisnya, kami datang ke setiap sekolah dan memberikan buku kepada anak-anak untuk dibaca selama 15 menit. Setelah membaca, mereka akan ditanya mengenai apa yang ditangkap dari hasil membacanya itu, sehingga apa yang dibaca tetap diingat, jadi tidak mudah dilupakan,” katanya.

Menurut Tini, anak-anak adalah investasi bangsa. Jika mereka pintar karena banyak membaca, dan membaca sudah jadi kebiasaan dimasa kecilnya, maka ketika mereka dewasa akan tetap dan selalu rindu untuk membaca. (Taufan/R3/HR-Online)

- Advertisment -