Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita CiamisIni Keajaiban Situ Rancamaya Ciamis Saat Kemarau

Ini Keajaiban Situ Rancamaya Ciamis Saat Kemarau

Meskipun saat ini musim kemarau berkepanjangan, namun debit air Situ Rancamaya tak pernah surut. Photo: Taufan Ihsan/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- 

Debit air Situ Rancamaya yang berada di Dusun Nagrog, RT.08, RW.03, Desa Sukasenang, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jabar, tak pernah surut walaupun saat musim kemarau panjang seperti saat ini.

Kepala Seksi Pemerintahan dan Ketertiban Desa Sukasenang, Yayat Sutarya, ketika ditemui HR Online di kantornya, Jum’at (16/10/2015), menuturkan, Situ Rancamaya merupakan warisan dari leluhur yang turun temurun dan selalu dijaga oleh masyarakat sekitar.

Bahkan, selain berfungsi sebagai sumber mata air yang mengaliri lahan sawah dan kebun warga setempat, situ tersebut juga saat ini mulai dikelola agar menjadi daya tarik wisata.

“Situ Rancamaya ini tidak pernah surut walaupun dalam keadaan kemarau seperti sekarang ini. Hal itu karena di dalam situ tersebut sudah mengeluarkan air,” ujar Yayat.

Pendapat serupa dikatakan Ketua Kelompok Pengurus Situ Rancamaya, Ade Harisman. Dia juga menyebutkan, bahwa Situ Rancamaya memiliki kedalaman hanya 2 meter dengan luas mencapai kurang lebih 2. Meski demikian, namun tetap bisa mengeluarkan air.

“Kalau diibaratkan, Situ Rancamaya ini seperti sebuah sumur, dimana dari dalam tanahnya mengeluarkan air. Mungkin ini berkah dari Alloh untuk warga Sukasenang,” kata Ade. (Taufan/R3/HR-Online)

- Advertisment -