Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisKapolres dan Dandim Ciamis Bahas Pengamanan Pilkada Pangandaran

Kapolres dan Dandim Ciamis Bahas Pengamanan Pilkada Pangandaran

Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Ciamis saat melakukan pertemuan dengan jajaran Kodim 0613 Ciamis, di Markas Kodim Ciamis, Senin (12/10/2015). Foto: Taufan Ihsan Yanuar/HR

IMG_1565

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Ciamis melakukan kunjungan silaturahmi ke Markas Kodim 0613 Ciamis, Senin (12/10/2015). Kunjungan itu dilakukan guna mensinergikan tugas dan fungsi kedua institusi tersebut, terutama dalam kerjasama pengamanan Pilkada Pangandaran yang kini tahapannya sudah berlangsung.

“Terimakasih untuk penerimaannya. Kami datang kesini untuk silaturahmi,” kata kapolres Ciamis, Arif Rachman SIK. MTCP, saat berkunjung ke Markas Kodim Ciamis.

Arif mengatakan, sebagai kapolres baru, dirinya perlu melakukan silaturahmi ke berbagai komponen, salah satunya Kodim Ciamis. Selain itu, lanjut dia, sebagai alat Negara, Polri dan TNI harus sinergi dalam menjaga keamanan wilayah.

Dalam kesempatan itu, Arif pun meminta bantuan TNI khususnya dan dukungan dari semua pihak dalam manjaga kondusifitas wilayah hukum Ciamis dan Pangandaran. Terlebih, di wilayah Pangandaran dalam beberapa bulan kedepan akan diselenggarakan Pilkada.

“Jika kita sudah berdiri di tengah-tengah masyarakat dan tidak netral di perhelatan Pilkada, maka sangat berbahaya untuk keutuhan NKRI. Makanya, kami di internal Polri sudah tekanankan kepada seluruh personil agar netral di Pilkada Pangandaran,” ujarnya.

Selain itu, Arif mengatakan, pihaknya merencanakan akan mengumpulkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM dan element lainnya di Pangandaran untuk berbagi tanggung jawab dalam menjaga keamanan sebelum dan sesudah berlangsungnya Pilkada. “Yang pasti, kami ingin pelaksanaan Pilkada Pangandaran berjalan aman,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Rudi Jan Pribadi, menegaskan, pihaknya selalu siap untuk bekerjasama dengan kepolisian dalam mengamankan wilayah hukum Ciamis dan Pangandaran.

Menurut Rudi, selama dirinya menjabat Dandim Ciamis kurang lebih 2 tahun, wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran, terbilang aman dan tidak terjadi gangguan keamanan yang begitu besar. “Alhamdulilah tidak ada hal-hal yang menonjol di tiga wilayah kerja kami selama 2 tahun terakhir ini,” katanya.

Rudi pun mengatakan pihaknya siap membackup pihak kepolisian dalam pengamanan Pilkada Pangandaran. “Kita akan turunkan sekitar 160 hingga 180 personil untuk mengamankan Pilkada nanti,” pungkasnya. (Taufan/R2/HR-Online)

- Advertisment -