Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita CiamisSitus Gandoang Potensi Magnet Objek Wisata Minat Khusus Ciamis

Situs Gandoang Potensi Magnet Objek Wisata Minat Khusus Ciamis

Batu kuno yang berada di Situs Gandoang, Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Foto: Dokumentasi HR

Situs Gandoang Berpotensi Jadi Magnet Objek Wisata Minat Khusus

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Situs Gandoang, Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, berpotensi menjadi magnet objek wisata minat khusus. Terlebih, di kawasan situs gandoang terdapat ladang padi, rimbunan pohon, makam keramat, dan Sungai Citanduy.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, ketika ditemui HR Online, Jum`at (09/10/2015), mengaku sudah pernah mengunjungi Situs Gandoang. Budi memiliki pandangan dan ide untuk pengembangan situs tersebut.

“Pengembangan Situs Gandoang ini lebih condong ke wisata minat khusus, seperti hacking rally dan arum jeram. Soalnya situs itu terdapat tidak jauh dari Sungai Citanduy. Masyarakat sekitar juga bisa membuat kuliner khas desa setempat yang memiliki nilai jual dan dapat dijadikan magnet untuk menarik wisatawan,” katanya.

Diakui Budi, selama ini yang mennjadi kenapa Situs Gandoang belum bisa terwujud menjadi objek wisata, karena sejarah situs itu sendiri belum seluruhnya terkuak. Jadi, belum ada sesuatu yang bisa ‘dijual’ dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Bila dihubungkan dengan program pemerintah yang ingin menguak sejarah Kerajaan Galuh secara keseluruhan, maka kalau sejarah Situs Gandoang ini terkuak dan ternyata ada kaitannya dengan sejarah Kerajaan Galuh, saya kira pemerintah akan langsung memperhatikan Situs Gandoang,” katanya. (Taufan/R4/HR-Online)

- Advertisment -