Tiga Hektare Lahan di Gunung Gembok Banjar Terbakar

Petugas pemadam kebakaran dari Kantor BPBD Kota Banjar, tengah memadamkan api yang membakar lahan kosong di Gunung Gembok, Desa Sinartanjung, Kec. Pataruman. Photo: Hermanto/HR.

IMG20151021130427Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Kota Banjar. Kali ini, sedikitnya 3 hektare lahan kosong di Gunung Gembok, tepatnya di Dusun Pananjung Barat, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, dilalap si jago merah, Rabu (21/10/2015).

Menurut informasi yang berhasil dihimpun HR di lapangan, kebakaran itu terjadi akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Titik api mulai terlihat sekitar jam 12.05 WIB.

Pada saat itu, Nurdin, warga setempat yang berprofesi sebagai pengrajin bata merah tengah mengambil tanah untuk bahan baku di perengan Gunung Gembok. Kemudian, dia melihat ke atas bukit ada api yang sudah membesar. “Saya kaget sekali ketika melihat ke atas api sudah membesar,” ujar Nurdin.

Selanjutnya, dia melaporkan kejadian itu ke Endang, Ketua RW setempat. Endang pun kemudian melaporkan ke pihak Desa Sinartanjung bahwa telah terjadi kebakaran. “Saya mendapat laporan dari warga, bahwa telah terjadi kebakaran di Gunung Gembok, lalau saya melapor ke pihak desa,” ujar Endang.

Tidak lama kemudian, satu unit kendaraan pemadam kebakaran dan Kantor BPBD Kota Banjar tiba di lokasi kejadian, dan langsung berusaha memadamkan api dengan dibantu warga. Sekitar jam 13.30 WIB, api pun berhasil dipadamkan.

Uman Suhaman, petugas pelaksana dari BPBD Kota Banjar, menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membuang puntung rokok, atau membakar ranting-ranting kecil pohon.

“Karena musim kemarau, untuk itu kami memohon dan menghimbau kepada masyarakat supaya tidak membuang puntung sembarangan dan membakar ranting-ranting pohon yang sudah kering,” himbaunya. (Hermanto/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA