Warga Cijeungjing Ciamis Gotong-Royong Perbaiki Jalan Rusak

Warga Cijeungjing Ciamis Gotong-Royong Perbaiki Jalan Rusak

Warga Dusun Cilemot, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, gotong-royong membawa ember berisi adukan untuk betonisasi jalan desa yang rusak sepanjang 1 kilometer. Jalan itu kini diperbaiki melalui Dana Desa tahap I 2015. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Puluhan warga Dusun Cilemot, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, bahu-membahu membantu penyelesaian rehabilitasi jalan desa sepanjang 1 kilomoter, Selasa (20/10/2015). Pengaspalan dan betonisasi jalan desa itu dana didanai dari dana desa  tahap 1 tahun 2015 sebesar Rp. 116, 4 juta.

“Masyarkat mulai merasakan manfaat dari Undang-undang Desa yang mengamanatkan bantuan dana desa dari APBN. Sehingga desa sekarang memiliki anggaran untuk memperbaiki jalan rusak,” ujar Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) LPM Desa Kertaharja, Zainal Arifein, didampingi Kaur Ekbang Lukmanul Hakim.

Zainal menjelaskan, dari sekitar 11 kilometer jalan desa yang ada di Desa Kertaharja, 7 kilometer dalam kondisi rusak. Oleh karena itu, adanya dana desa untuk infrastruktur sangat membantu mengurangi jalan rusak di Desa Kertaharja.

“Rehabiltiasi jalan desa di Dusun Cilemot ini memasuki tahap penyelesaian dengan betonisasi sepanjang 100 meter. Lokasinya di jalan yang kondisinya labil serta menanjak.  Jalan ini menjadi prioritas karena menjadi akses jalur ekonomi dan jalur menuju kecamatan tetangga, diantanya Sukadana dan  Beregbeg,” katanya.

Semantar itu, Zenal menambahkan, untuk Dana Desa tahap kedua nantinya akan digunakan untuk rehabilitasi saluran irigasi desa. (Es/R4/HR-Online)