Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarAkibat Kekeringan, Warga Cibodas Banjar Serbu Air Bersih Gratis

Akibat Kekeringan, Warga Cibodas Banjar Serbu Air Bersih Gratis

Sejumlah warga di Dusun Cibodas, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, tampak sedang antri mengambil air bersih yang sengaja ditampung dalam kolam terpal buatan. Bantuan tersebut diberikan secara gratis oleh seorang warga Jajawar yang tinggal di Amerika. Photo: Eva Latifah/HR.

Pembagian air bersihBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Musim kemarau panjang tahun ini membuat warga Dusun Cibodas, Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, harus antri dan berebut air bersih bantuan dari seorang warga Banjar yang kini tinggal di Amerika, Senin (02/11/2015).

Selama musim kemarau, warga di dusun tersebut baru merasakan adanya pembagian 4.000 liter air bersih gratis. Untuk mendapatkan air, biasanya mereka mengambil dari sumur siuk atau sumber mata air dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 2 kilometer.

Kepala Dusun Cibodas, Tatang, mengatakan, kampung Cibodas letaknya berada di dataran tinggi, sehingga kalau membuat sumur resapan pun harus memiliki kedalaman minimal 14-15 meter baru akan keluar air.

“Jadi, setiap musim kemarau air sumur warga banyak yang mengering. Di Dusun Cibodas ini ada empat RT, memang sebagian sumur milik warga itu masih ada air, hanya jika dirata-ratakan sekitar 60 persennya telah mengering,” tutur Tatang kepada HR, saat dijumpai sedang memantau warganya yang antri pembagian air bersih.

Sejumlah warga mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya pembagian bantuan tersebut, terlebih sejak tiga bulan terakhir ini daerah mereka mengalami krisis air bersih.

Mereka pun berharap, pemerintah kota juga memberikan bantuan serupa secara gratis bagi warga yang mengalami kesulitan air bersih saat kemarau, salah satunya untuk warga di Dusun Cibodas.

Selain di Dusun Cibodas, pembagian air bersih gratis itu juga diberikan kepada warga yang tinggal di Dusun Babakan, Desa Cibeureum, Desa Jajawar dan Kelurahan Situbatu. Masing-masing mendapatkan jatah air bersih sebanyak dua mobil tangki atau 8.000 liter. (Eva/Koran-HR)