Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruAwas! Sering Main Gadget Bisa Terserang Cyber Sickness

Awas! Sering Main Gadget Bisa Terserang Cyber Sickness

Photo: Ilustrasi net/Ist.

phoneBerita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Hati-hati dengan cyber sickness. Seperti dilansir dari Daily Mail, cyber sickness adalah kondisi pusing yang terjadi saat seseorang terlalu sering melihat layar komputer atau gadget.

Jika Anda merasa pusing seperti mabuk ketika terlalu sering melihat layar halaman internet yang Anda buka, bisa jadi Anda sudah terserang cyber sickness. Sebab, seringnya menggunakan smartphone atau tablet juga dapat menimbulkan munculnya gejala-gejala penyakit tersebut.

Cyber sickness adalah versi digital dari motion sickness atau mabuk layar yang terjadi saat seseorang terlalu sering nonton televisi. Namun, cyber sickness ini lebih berbahaya serta dapat lebih mudah terjadi pada masyarakat zaman sekarang akibat kepemilikan berbagai jenis gadget, dimana ada 80 persen pemilik gadget yang mengalami masalah tersebut.

Bahkan, penyakit ini bisa semakin rentan terjadi apabila orang tersebut memiliki kebiasaan menatap layar dalam waktu yang lama. Tampilan berbagai hal yang menyerupai kenyataan pada sebuah layar, juga dapat mempercepat gejala mabuk.

Begitu pula perubahan dan pergantian gambar di layar yang sangat cepat, seperti pada game maupun film action atau balapan, juga bisa meningkatkan risiko terkena dampak cyber sickness.

Memang penyakit ini susah sekali dihindari, terutama bagi Anda yang setiap harinya bekerja di depan layar selama berjam-jam, dan selalu membutuhkan gadget untuk berkomunikasi.

Cara terbaik untuk menghindari cyber sickness adalah harus menggulung layar Anda lebih pelan, serta jangan terlalu sering bermain game action atau balapan dan menonton film. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -