Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruAwas! Virus Android Intai Indonesia

Awas! Virus Android Intai Indonesia

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Cheetah Mobile, pengembang aplikasi Celan Master, menemukan virus android baru bernama Ghosh Push yang dapat menyedot paket data. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara utama yang diserang virus tersebut.

Seperti dilansir Phone Arena (16/10/2015), bahwa virus Ghosh Push ditemukan tersembunyi di sejumlah aplikasi yang ada di Google Play Store. Malware jenis trojan itu dilaporkan bersarang dalam folder root gadget Android, dan tak dapat dihapus, kecuali menggunakan tool khusus.

Yang paling menakutkan, ada sekitar 900.000 perangkat Android di 116 negara telah terinfeksi. Bahkan, data Cheetah Mobile menempatkan Indonesia sebagai negara paling rawan Ghosh Push. Pasalnya, malware tersebut sudah beranak pinak tersebar di aplikasi populer yang beredar di forum, App Store sebagai pihak ke-3, serta di Google Play Store resmi.

Aplikasi yang membawa trojan ini dikemas dalam bentuk aplikasi kalkulator, layar sentuh pintar, hingga game semacam Talking Tom 3. Namun, aplikasi yang terinfeksi itu sudah dilaporkan dan ditarik dari Play Store serta toko aplikasi populer lainnya.

Ghosh Push yang terlanjur menginfeksi akan menjalankan banyak iklan di gadget, dan memasang aplikasi lain yang juga telah terinfeksi tanpa sepengetahuan si pengguna, dengan tujuan untuk menjalankan iklan sebanyak mungkin.

Dampaknya, pemakaian paket data gadget Android bisa secara tiba-tiba meningkat drastis. Bahkan, dari aksi ini, hacker yang berada di balik Ghosh Push pun mampu meraup untung sekitar 4 juta dollar dalam setiap harinya. (Eva/R3/HR-Online)