Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruAwas! Virus Android Tipe Baru Kembali Ditemukan

Awas! Virus Android Tipe Baru Kembali Ditemukan

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-Virus android tipe baru kembali ditemukan. Virus atau malware ini menurut Zscaler, dapat mencuri nomor telepon maupun SMS di gadget. Virus tersebut masuk ke smartphone melalui perantara aplikasi yang diinstal penggunanya.

Seperti yang dilansir Softpedia, bahwa yang menjadi tempat tumbuhnya si virus ini berasal dari toko aplikasi tidak resmi. Ketika aplikasi tak resmi terpasang, maka virus tersebut langsung membuat satu ikon berupa file Microsoft Word pada layar utama smartphone, dan bila ikon ini dibuka akan muncul pesan bertuliskan “Installation errors, this software is not compatible with the phone.”

Namun sayangnya, saat membuka ikon Microsoft Word itu lah yang menjadi sebuah kesalahan, sehingga harus dihindari, karena hal itu akan langsung mengaktifkan si virus yang selanjutnya mencuri kontak serta mengontrol SMS dan email.

Kemudian, virus ini mengirim data yang dicuri ke alamat email si hacker. Bukan hanya itu saja, fungsi panggilan juga dapat diambil alih. Sebab, ketika penyerang mengirim pesan SMS khusus ke smartphone si korban, maka virus akan menangkap SMS itu sebagai tanda bahwa aktivasi untuk mulai melakukan panggilan telepon ke nomor yang ada di dalam SMS tersebut.

Aksi ini pun diklaim bisa digunakan untuk memata-matai si penggunanya secara langsung, atau real-time. Zscaler mengatakan, hingga saat ini sudah ada 300 orang lebih yang jadi korban serangan virus tersebut, dimana korban terakhir terdata pada tanggal 10 Oktober 2015 lalu. (Eva/R3/HR-Online)