Berbagai Sumber Modal Usaha, Kredit Tanpa Agunan Salah Satunya

Ilustrasi. Foto: cekaja.com

Berbagai Sumber Modal Usaha, Kredit Tanpa Agunan Salah Satunya

Berita Advertorial, (harapanrakyat.com),-

Ketika Anda memikirkan untuk memulai sebuah usaha baru, pasti Anda akan juga memikirkan hal-hal penting terkait usaha tersebut. Sebut saja ide usaha, kompetisi yang ada, permintaan dari pasar, tenaga kerja dan juga pastinya – sumber modal usaha!

Dapat dikatakan, modal usaha adalah fondasi awal yang paling penting. Ide brilian sekalipun tidak akan jalan kalau kita tidak punya modal, bukan? Memang perlu digarisbawahi pula bahwa modal bukan hanya tentang uang saja, melainkan juga modal keberanian, pengalaman dan juga jaringan. Namun memang kendala terbesar yang sering kali dihadapi adalah tidak ada atau tidak cukupnya modal uang.

Nah, kalau sudah begitu, dari mana kita bisa memperoleh sumber modal usaha?

Tenang! Pada faktanya ada banyak alternatif sumber modal usaha yang bisa Anda peroleh. Dari mana saja? Nah, simak daftar berikut.

Dana pribadi

Ya, tentu saja, sumber modal usaha dari dana pribadi. Kalau Anda ingin memulai usaha, mengapa tidak menggunakan modal dari tabungan yang sudah Anda kumpulkan selama ini. Atau, jika kurang, Anda bisa menjual beberapa aset berharga seperti misalnya perhiasan dan lainnya. Ya, tidak ada salahnya untuk berkorban demi usaha yang Anda percaya akan sukses di masa depan, kan?

Jalin kerjasama

Namun bagaimana kalau ternyata dana pribadi saja tidak cukup? Opsi lainnya, selain mencari ide usaha yang memang cukup dengan dana pribadi Anda adalah cari orang yang mau bekerja sama. Jika Anda punya teman ataupun saudara yang punya minat sama maka Anda bisa ajak kerjasama di bisnis tersebut. Rekan Anda tersebut bisa jadi ‘teman’ untuk sharing modal uang dan juga bahkan pekerjaan serta jika ada kerugian. Ada baiknya untuk membuat perjanjian tertulis mengenai kesepakatan kalian agar mencegah kesalahpahaman.

Dana dari investor

Anda punya networking yang cukup luas? Ini bisa jadi modal awal untuk memperoleh sumber modal usaha. Metodenya hampir sama dengan metode kerjasama. Perbedaannya adalah jika dalam bentuk kerjasama, rekan Anda ikut serta mengurus pekerjaan di usaha tersebut maka metode ini memberi Anda keleluasaan untuk mengelola usaha. Pihak investor ‘hanya’ memberikan dana dan tidak ikut terjun dalam pekerjaan. Tentu saja, sama dengan metode kerjasama, Anda dan calon investor harus sepakat dalam beberapa hal dan menuangkannya dalam bentuk perjanjian tertulis.

Ajukan Kredit Tanpa Agunan ke Bank

Sumber modal usaha berikutnya adalah Kredit Tanpa Agunan ke bank. Sesuai dengan nama produknya, Anda tidak harus menyertakan agunan atau jaminan ke pihak bank untuk memperoleh dana tunai. Pinjaman ini cocok bagi Anda yang belum punya aset untuk dijaminkan.

Apa kelebihan KTA atau Kredit Tanpa Agunan ini daripada sumber modal lainnya?

Setidaknya, Anda bisa mengelola usaha Anda tersebut ‘pure’ dalam rencana Anda. Tanpa ada intervensi dari orang lain. Selain itu, Anda pun tidak perlu berutang budi pula pada rekan kerja sama ataupun investor – apalagi jika rekan Anda tersebut adalah teman dekat atau kerabat. Jatuh-bangunnya usaha Anda setidaknya tidak akan dikomplain oleh rekan Anda, bukan? Ya tentu saja tapinya yang kita inginkan adalah usaha kita berjalan lancar. Oleh karena itu, rencanakan sematang mungkin dan bikin perhitungan yang tepat.

Sulit tidak untuk dapat dana tunai dari bank melalui produk KTA ini? Jawabannya, tidak! Syarat yang diajukan oleh pihak bank tidak sulit. Asalkan Anda memenuhi syarat mereka, dana Anda akan segera cair. Berikut beberapa syaratnya:

WNI domisili Indonesia.

Usia 21 tahun sampai 55 tahun pada saat jatuh tempo pelunasan kredit.

Berpenghasilan tetap, minimal 2 juta per bulan. (Bergantung kebijakan bank).

Berstatus karyawan tetap, profesional ataupun pengusaha.

Melengkapi persyaratan dokumen dan mengisi formulir pengajuan kredit.

Nah, adapun syarat dokumen yang diminta umumnya meliputi identitas diri berupa Fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan NPWP. Kemudian, Anda juga akan diminta untuk menyertakan bukti legalitas pekerjaan yakni Slip gaji bagi para karyawan, SIUP atau TDP bagi pengusaha dan Surat Izin Praktik bagi profesional. Tidak lupa untuk sertakan fotokopi rekening koran / tabungan 3 bulan terakhir. Jika Anda pemegang kartu kredit maka sertakan saja fotokopinya, hal ini akan semakin memudahkan proses persetujuan aplikasi kredit Anda.

Tidak hanya memudahkan Anda mendapatkan sumber modal usaha, pembayaran KTA sendiri cukup ringan. Menerapkan bunga yang cukup kompetitif dengan jangka waktu yang fleksibel yakni hingga 5 tahun. Anda juga bisa memperoleh dana yang cukup untuk modal usaha, sesuai kemampuan Anda. Nah, untuk membandingkan produk KTA dari bank mana yang sesuai kebutuhan Anda, sila kunjungi situs-situs fintech yang ada. Anda bisa menggunakan mesin perbandingan KTA yang ada di sana dan bahkan langsung mengajukan kredit ini ke bank melalui situs tersebut. (Advertorial/HR-Online)

Artikel terkait

Cara Mudah Dapatkan Kredit Tanpa Jaminan

Bandingkan KTA dari Tiga Bank Plat Merah: KTA Bank Mandiri