Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisCurah Hujan Tinggi, Irigasi Nanggela di Ciamis Jebol

Curah Hujan Tinggi, Irigasi Nanggela di Ciamis Jebol

Saluran irigasi Nanggela di Dusun Cinutug, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, jebol akibat tak mampu menahan debit air akibat curah hujan yang tinggi. Photo: Edji Darsono/HR.

IMG-20151105-00273Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tak mampu menahan debit air, irigasi Nanggela yang berada di Dusun Cinutug, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis siang tadi (05/11/2015), jebol. Akibatnya, sejumlah kolam dan lahan sawah milik warga tertimbun longsoran tanah irigasi.

Menurut Kasi. Pemerintahan Desa Selacai, Sahri Setiawan, bahwa jebolnya jaringan irigasi terjadi sekitar jam 12.30 WIB. Tembok bangunan saluran irigasi sepanjang 3 meter jebol lantaran tidak kuat menahan debit air akibat intensitas hujan cukup tinggi.

“Jebolnya irigasi juga mengakibatkan pasokan air ke wilayah Desa Mekarsari dan sekitarnya menjadi terhambat. Akibat kejadian tersebut, kerugiannya belum dihitung secara pasti, namun diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah,” terangnya.

Sahri juga mengatakan, irigasi tersebut merupakan irigasi yang diandalkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan perikanan. Untuk itu, pihak pemerintah desa bekerjasama dengan petugas mitra cai akan secepatnya melakukan perbaikan. (Dji/R3/HR-Online)