Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita PangandaranDuh, Hutan di Pangandaran Terbakar Lagi

Duh, Hutan di Pangandaran Terbakar Lagi

Kapolsek Pangandaran, Kompol. Suyadi, saat meninjau lokasi hutan milik warga Purbahayu yang terbakar. Photo: Entang SR/HR.

IMG01591-20151104-1142Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Lagi-lagi, hutan kayu seluas 4 hektare milik masyarakat yang berada di Dusun Karanganyar, RT. 5, RW. 4, Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, ludes terbakar pada Rabu siang tadi (04/11/2015), sekitar jam 10.00 WIB.

Kapolsek Pangandaran, Kompol. Suyadi, saat ditemui HR Online di lokasi kejadian, mengatakan, kebakaran yang terjadi di Karanganyar diduga dari puntung rokok yang dibuang warga. Kencangnya angin di lokasi mengakibatkan bara api dari puntung rokok membakar dedaunan kering.

“Kebakaran itu diketahui oleh salah seorang warga yang secara tidak sengaja lewat ke hutan tersebut sekitar jam 10.00 siang. Setelah menerima laporan, kami bersama TNI dan warga masyarakat setempat langsung melakukan pemadaman api,” kata Suyadi.

Sementara itu, Kepala Desa Purbahayu, Sarijo, menyebutkan, bahwa hutan yang terbakar itu milik warga masyarakat Desa Purbahayu. Lahan seluas 4 hektare yang ditanami pohon albasia ludes terbakar.

“Kami juga belum dapat memastikan berapa kerugian yang dialami warga atas terbakarnya lahan tersebut,” kata Sarijo.
Untuk memadamkan api, dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Pangandaran datang ke lokasi kejadian sekitar satu jam. Alhasil, kobaran api pun bisa dipadamkan. Meski api sudah padam, Sarijo menghimbau kepada warga sekitar untuk selalu waspada. Pasalnya, saat ini di lokasi kejadian banyak sekali ranting dan daun kering yang mudah terbakar. (Ntang/R3/HR-Online)