Hari Pahlawan, Siswa SMAN 2 Banjar Gunakan Pakaian ala Pejuang Tempo Dulu

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Pernyataan tersebut tampaknya pantas dilontarkan siswa-siswi SMA Negeri 2 Banjar. Pasalnya, pada peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2015 ini, mereka mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bertemakan kepahlawanan.

Diawali kegiatan pada pagi harinya di halaman sekolah, ratusan siswa-siswi mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pahlawan 10. Namun, ada yang tak biasa dalam upacara tersebut, sebab mereka menggunakan pakaian, topi, sepatu, hingga aksesoris ala pejuang tempo dulu. Semuanya berbaris rapi, dan mengikuti upacara dengan khidmat sampai selesai.

Usai upacara, para siswa-siswa yang berjumlah sekitar 800 orang itu melanjutkan kegiatannya, yaitu longmach menuju makam pahlawan yang ada di Kelurahan Muktisari, Kecamatan Langensari, untuk melakukan tabur bunga.

Sesampainya di tempat tujuan, para siswa-siswi dan guru-guru SMA Negeri 2 Banjar, memanjatkan do’a dan menabur bunga yang dipimpin oleh seorang guru bidang agama. Dalam do’anya pun mereka memohon berkah kepada Alloh SWT, agar sebagai generasi penerus bangsa mampu melanjutkan perjuangannya di masa kini maupun di masa mendatang.

Setelah itu, mereka pun kembali lagi ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan lain, seperti mengikuti lomba fashion show pakaian pejuang/pahlawan, dan ada juga berpakaian ala pejabat pemerintahan, mulai dari guru, petugas kesehatan seperti dokter dan bidan, polisi, tentara, serta berpakaian adat tradisional Sunda maupun Jawa. Ada pula yang mengikuti bhakti sosial berupa donor darah dan terkumpul sekitar puluhan labu dari para siswa.

Kepala SMA Negeri 2 Banjar, Barnas, S.Pd., M.Pd., ketika ditemui HR disela-sela kegiatan, mengatakan, peringatan Hari Pahlawan ini menjadi moment penting bagi pihak sekolah untuk mengingatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme kepada para siswanya.

“Sengaja kami menggelar berbagai kegiatan yang bertemakan pahlawan, sekaligus mewajibkan para siswa mengenakan pakaian yang berkaitan dengan kepahlawanan atau pejuang. Hal ini semata-mata dilakukan sebagai bentuk pendidikan karakter dan patriotisme,” tuturnya.

Barnas berharap, semua siswa menghargai jasa para pahlawan dan wajib ditiru dengan bentuk lain sesuai kekinian. Sebab, menjadi siswa tentu dituntut belajar dengan baik dan tekun, serta mampu meningkatkan kompetensi belajarnya. Sedangkan hal lainnya yaitu secara bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Wakil Kepala SMA Negeri 2 Banjar Bidang Kesiswaan, Sugeng, S.Pd., M.Pd., menambahkan, moment bersejarah ini dijadikan kesempatan oleh sekolah untuk mengajak para siswa menyelami nilai-nilai perjuangan, dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa.

“Berbagai kegiatan bertemakan kepahlawanan ini rutin dilakukan sekolah setiap tahunnya dalam rangka memperingatai Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November,” tandasnya.

Dengan peringatan Hari Pahlawan ini, pihak sekolah juga berharap, penghargaan terhadap pahlawan harus benar-benar diterapkan dikehidupan para siswa sehari-hari. (Nanks/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA