Ingat! Jangan Bagikan Ini di Facebook

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia, sehingga tidak sedikit orang yang berselancar di dunia maya untuk mencari teman. Facebook juga kini dijadikan mesin untuk mencari informasi bahkan identitas, baik itu pribadi maupun perusahaan atau grup lainnya.

Dan tak jarang para user memberitahukan informasi pribadi kedalam Facebook. Seperti tempat tanggal lahir, foto-foto pribadi, alamat email, status pernikahan dan juga nomer telepon.

Anda sebagai yang punya akun Facebook mungkin berpikir data informasi tersebut hanya dapat dibuka oleh teman Anda di Facebook. Padahal banyak peretas atau hacker yang bisa mengakses yang memanfaatkan informasi tersebut.

Nah, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda pikir-pikir dulu sebelum data pribadi Anda dicantumkan di Facebook, seperti yang dilansir FoxNews dan Kompastekno.

# Alamat Rumah

Sebuah riset yang dilakukan oleh Ponemon Institute menunjukkan bahwa 40% dari pengguna jejaring sosial mencantumkan alamat rumahnya dengan jelas. Padahal, mencantumkan alamat lengkap rumah di profil akun Facebook bisa mendatangkan bahaya.

Analoginya seperti ini, jika Anda bertemu dengan orang asing di jalan kemudian orang asing itu menanyakan alamat rumah Anda, apakah Anda akan memberikan alamat rumah Anda dengan lengkap? Tentu jawabannya tidak. Dan inilah yang Anda lakukan saat mencantumkan alamat rumah di profil Facebook.

Apakah Anda bisa menjamin akun teman Anda tidak dihacker oleh orang yang tidak bertanggungjawab ? Oleh karena itu, rumah sebagai benteng pertahanan terbaik, jangan Anda umbar di media sosial.

# Nomer Telepon

Sama seperti alamat rumah, Anda juga jangan mencantumkan nomer telepon di Facebook. Pasalnya, dengan Anda mencantumkan nomer telepon, dapat dimanfaatkan oleh orang yang ingin melacak lokasi Anda.

Menurut Technical Director of Leeds, perusahaan teknologi di bawah naungan Salt Agency, Reza Moaiandin, saat ini profil user Facebook dapat dijebol hanya dengan mengetahui nomer telepon saja.

# Pekerjaan

Para hacker bisa memanfaatkan informasi pekerjaan Anda di Facebook. Mereka para peretas memanfaatkan media sosial untuk mengotak-atik sistem yang dimiliki kantor tempat Anda bekerja, yang akhirnya akan merugikan perusahaan tersebut.

# Status Hubungan

Mencantumkan status ini terutama perempuan bisa dikuntit oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Status dengan hubungan ‘rumit atau ‘single’ biasanya menjadi incaran mereka atau dimanfaatkan oleh situs kencan illegal. Si user pemilik akun Facebook akan dibujuk rayu oleh mereka, yang nantinya akan berujung pada penipuan atau hilangnya uang Anda di tabungan.

# Informasi Keuangan

Walaupun Facebook merupakan layanan tidak berbayar, akan tetapi Facebook masih meminta informasi pembayaran semacam nomer kartu kredit. Sebaiknya Anda abaikan saja permintaan tersebut. Pasalnya, para hacker dapat menjebol nomer kartu kredit untuk mencuri uang Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...