Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarKostan Dipakai Pesta Miras, Warga Sumanding Banjar Ngamuk Rusak Posko Ormas

Kostan Dipakai Pesta Miras, Warga Sumanding Banjar Ngamuk Rusak Posko Ormas

Puluhan warga Lingkungan Sumanding Wetan, RW.17, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, tampak meluapkan kemarahannya dengan merobohkan posko ormas Geram. Photo: Hermanto/HR.

warga Sumanding ngamukBerita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Puluhan warga Lingkungan Sumanding Wetan, RW.17, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, meluapkan kemarahannya terhadap para pemuda yang kerap melakukan pesta minuman keras (miras) di sebuah kost-kostan yang ada di lingkungan tersebut, Senin malam (16/11/2015), sekitar jam 19.15 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun HR di lapangan, bahwa kemarahan warga dipicu oleh Das (42), salah seorang warga setempat yang tengah melakukan pesta miras bersama empat orang temannya. Das marah-marah karena ditegur oleh Nandang (45), yang juga warga setempat.

Ketika itu, Nandang menegur keempat orang itu lantaran hampir setiap malam di tempat kostan tersebut kerap dipakai untuk pesta miras, dan sering memasukan sejumlah wanita ke dalam kostan hingga jam 12 malam. Dalam hal ini, warga pun merasa resah dan terganggu.

Tidak terima dengan teguran Nandang, Das pun kemudian marah-marah terhadap Nandang dan nyaris terjadi baku hantam. Karena situasi menjadi gaduh, tanpa dikomando warga lainnya langsung berdatangan ke lokasi kejadian, bahkan Das nyaris saja menjadi bulan-bulanan massa.

Bukan hanya itu, untuk melampiaskan kemarahan, warga pun sempat merobohkan posko sekretariat salah satu Ormas yang letaknya tidak jauh dari lokasi kost-kostan. Beruntung, aksi tersebut dapat diredam setelah tokoh masyarakat setempat melerai dan membubarkan warga.

Ketika dikonfirmasi HR, Ketua RW. 17, Oom Muhtarom (49), membenarkan, bahwa di tempat tersebut memang kerap dipakai pesta miras, dan pemilik kostan pun kurang kooperatif dengan masyarakat, serta kurang sosialisasi dengan lingkungan setempat.

“Warga sebenarnya sudah resah dari dulu, karena hampir setiap malam tempat ini kerap dipakai pesta miras dan main perempuan,” kata Oom.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua RT setempat, Dadang Sukandi (35). Menurut dia, Das memang marah terhadap Nandang. “Karena dalam keadaan mabuk berat, Das juga mengancam Nandang,” kata Dadang.

Tidak lama kemudian, petugas dari Polsek Banjar tiba di lokasi kejadian, dan langsung menciduk Das yang sedang sembunyi di bawah kolong mobil, dan mengamankannya ke Mapolsek Banjar.

Kapolsek Banjar, Kompol. Muslim, mengatakan, jika Das tidak diamankan, khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena pada saat itu massa masih dalam keadaan emosi. “Kami memang sudah mengamankan Das ke Mapolsek Banjar, hal itu karena khawatir warga makin marah,” terangnya.

Muslim menghimbau kepada masyarakat, jika masih ada peredaran miras segera melapor kepada pihak kepolisian. Karena, miras biasanya menjadi pemicu kericuhan. (Hermanto/Koran-HR)