Meski Hujan, Debit Air Situ Lengkong Panjalu Ciamis Belum Normal

Situ lengkong Panjalu surut dan kering dampak dari musim kemarau panjang. Meski, sudah turun hujan, debit air belum normal. Photo : Eji Darsono/ HR

DIGITAL VIDEO

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Debit air Situ Lengkong, Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, belum normal meski sudah diguyur hujan. Sepanjang enam bulan kemarau melanda, debit air Situ Lengkong Panjalu surut.

Ilit, Petugas Karcis Situ Lengkong Panjalu, ketika ditemui Koran HR, pekan lalu, membenarkan, akibat kemarau panjang debit air Situ Lengkong menjadi surut bahkan sebagian lagi mengering. Malah kini jadi tempat bermain anak-anak.

“Meski sudah turun hujan, debit air belum normal. Normalnya, kedalaman air mencapai 4 hingga 6 meter. Sedangkan pada musim kemarau ini hanya mencapai antara 2 sampai 3 meter,” ucapnya.

Yaya, warga setempat, mengatakan, pada musim kemarau tahun ini, kalau saja diperbolehkan masuk ke Nusagede bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Sebab, situ lengkong di Blok Sriwinangun sudah mengering.

Surutnya Situ Lengkong membuat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air. Sebab, Situ Lengkong merupakan sumber air, baik untuk kebutuhan keluarga maupun ke areal pesawahan dan kolam di beberapa wilayah di Kecamatan Panjalu.

“Keberadaan Situ Lengkong tak hanya berfungsi sebagai pengairan untuk sawah dan kolam, akan tetapi juga sebagi objek wisata” katanya.

Dadi, pengusaha perahu mesin, mengatakan, meski air Situ Lengkong Surut, tidak berpengaruh terhadap wisata. Para wisatawan yang hendak ke Nusagede tetap menggunakan jasa angkutan perahu mesin.

Iros, pegawai UPTD Pariwisata wilayah Kecamatan Panjalu, membenarkan, akibat kemarau panjang, Situ Lengkong di Blok Sriwinangun mengering. Sedangkan di blok Cukangpadung kedalaman air kurang dari 1 meter.

“Pada musim kemarau tahun ini, untuk mengelilingi Nusagede bisa dengan berjalan kaki,” ujarnya.

Kepala UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yayah, S.Sos, menjelaskan, luas areal Situ Lengkong mencapai sekitar 57,95 hektar dan Nusagede 9,25 hektar. Luas seluruhnya 67,2 hektar.

Menurut Yayah, dari luas Situ Lengkkong (57,95 hektar) hampir sepertiganya sudah kering. Bahkan, kerap dijadikan tempat bermain sepak bola anak-anak. Dari bibir Situ Lengkong surutnya air mencapai 6 meter. (dji/Koran-HR)