Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisPolres Ciamis Bekuk 6 Pelaku Sindikat Curanmor

Polres Ciamis Bekuk 6 Pelaku Sindikat Curanmor

Belasan unit sepeda motor hasil tindak kejahatan yang berhasil diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Photo: Dian SW/HR.

IMG_20151105_123303Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis, Jawa Barat, berhasil menangkap enam orang tersangka berikut barang bukti 12 unit kendaraan bermotor yang diduga hasil dari tindak kejahatannya. Keenam orang tersebut diduga merupakan sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Kanit Ranmor Polres Ciamis, Aiptu. Bambang Siswo, saat ditemui HR Online, Kamis (05/11/2015), mengatakan, enam tersangka itu diantaranya berinisial AS, YO, DN, KN, HR dan YO. Kini pihaknya juga masih mengejar tiga orang DPO lagi, yaitu Opik, Owen dan Rozak.

“Kami saat ini telah mengamankan 12 unit kendaraan dari enam TKP, dan masih ada lima unit lagi yang belum berhasil diamankan yang masih ditangan DPO,” terangnya.

Bambang menyebutkan, para pelaku yang sudah diamankan itu semuanya beda kelompok. Bahkan, satu orang diantaranya merupakan residivis yang sudah empat kali keluar masuk penjara.

“Para tersangka ini akan dikenakan pasal 363 dengan hukuman maksimal 7 tahun, dan pasal 365 dengan hukuman kurungan maksimal sembilan tahun penjara,” kata Bambang.

Semantara itu, tersangka berinisial YO mengaku bahwa dirinya baru pertama kali melakukan kejahatan tersebut. Menurut dia, awalnya diajak minum-minum oleh temannya bernama Rozak yang sekarang menjadi DPO.

Saat itu YO pun disuruh membawa crulit untuk menakut-nakuti. Setelah mabuk, ada dua orang yang sedang nongkrong sambil main game dan merokok. TKP-nya di daerah Bantarsari Cimerak. Kemudian YO berhenti dan menakuti-nakutinya dengan mengeluatkan senjata tajam. “Saya merasa kapok dan ini adalah pertama kalinya saya berurusan sengan hukum,” ucapnya. (DSW/R3/HR-Online)