Tahun 2016, Lima Kecamatan di Ciamis Akan Jadi Sentra Budidaya Ikan Tawar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lima kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diproyeksikan menjadi sentra budidaya ikan air tawar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis pada tahun 2016 mendatang.

Kelima kecamatan itu adalah Kecamatan Sindangkasih untuk sentra ikan gurame, Kecamatan Panumbangan untuk sentra ikan nila, Kecamatan Sadananya untuk ikan emas, Kecamatan Ciamis untuk ikan lele, dan Kecamatan Pamarican untuk sentra budidaya udang galah.

Hal dikatakan Kepala Disnakkan Kabupaten Ciamis, Sutriaman, saat ditemui HR Online, Senin (02/11/2015). Dia menyebutkan, dalam Peraturan Bupati, untuk Sentra Produksi sudah terbit. Pengembangan sentra produksi ikan ini akan disupport anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Program tersebut lebih fokus kepada pembesaran ikan. Sedangkan pembenihannya sudah digarap. Untuk prasarananya juga akan disiapkan,” kata Sutriaman.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan sumber daya manusianya untuk mendapatkan pelatihan bagaimana mereka mengelola sentra produksi ikan air tawar. Termasuk rencana induk, mulai dari pembesaran, pemasaran sampai pengolahan. (DSW/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA