Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BanjarUpacara Hari Pahlawan, Sejumlah PNS Banjar Malah Duduk & Main HP

Upacara Hari Pahlawan, Sejumlah PNS Banjar Malah Duduk & Main HP

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota Banjar yang mengikuti upacara Hari Pahlawan di Taman Kota (Tamkot), pada hari Selasa (10/11/2015), sekitar 08.00 WIB, nampaknya tidak bersemangat.

Berdasarkan pantauan HR di lapangan, beberapa oknum PNS perempuan yang berada di barisan belakang tampak santai duduk di bawah panggung permanen. Bahkan ada pula yang asyik bermain hanphone. Padahal, saat itu peserta upacara sedang dalam posisi penghormatan.

Hal ini pun disesalkan banyak pihak, seperti diungkapkan salah seorang aktivis, Hasan Al Bana. Menurut dia, upacara merupakan ritual sakral yang semestinya dapat dijalankan oleh setiap peserta dengan khidmat.

“Mengikuti upacara itu sebagai bentuk ekspresi penghormatan kita kepada jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan. Para PNS seharusnya memberikan contoh tauladan, dan menghormati jasa para pahlawan, dan perilaku seperti itu  sangat tidak mencerminkan keteladanannya,” ujar Hasan, kepada HR.

Pendapat serupa juga dikatakan Wakil Sekretaris PMII Cabang Kota Banjar, Tsabit. Dirinya mengaku sangat mengecam tindakan dan prilaku para oknum PNS yang tidak mencerminkan sebagai abdi negara.

“Upacara Hari Pahlawan adalah satu bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Kami sangat mengecam prilaku para oknum PNS tersebut. Kami minta kepada badan kepegawaian untuk memberikan teguran atau sanksi terhadap para oknum PNS tersebut,” kata Tsabit.

Masalah ini pun ditanggapi serius oleh Komisi I DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip., M.Si. Dia mengaku sangat prihatin dengan prilaku para oknum PNS seperti itu. Menurutnya, mereka tidak sadar telah dininabobokan dengan kondisi yang serba instan mendapatkan berbagai kemudahan, seperti internet, BBM, dan tekhnologi modern lainnya.

“Dalam upacara saja mereka masih sempat mainkan handphone, apalagi peserta upacara yang lain sedang pada posisi penghormatan,” ujarnya, kepada HR, ketika dijumpai disela-sela kegiatannya di kampus STAIMA Al-Azhar Banjar.

Agun menambahkan, PNS sebagai abdi negara yang seharusnya memberikan contoh baik kepada pegawai lainnya, bahkan kepada siswa-siswi sekolah serta masyarakat. “Kalau mereka sudah memberi contoh seperti itu, otomatis junior-juniornya pasti mengikuti. Jika saya pimpinannya, mereka sudah pasti saya pindahkan,” tegas Agun.

Sementara itu, saat HR akan mengkonfirmasikan hal itu kepada Sekda Pemkot Banjar, Feni Fachrudin, via ponselnya, namun pejabat tersebut tidak menjawabnya. (Hermanto/Koran-HR)

- Advertisment -