Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariWarga Pamarican Ciamis Antri Bikin Akta Kelahiran Massal

Warga Pamarican Ciamis Antri Bikin Akta Kelahiran Massal

Petugas Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, tampak sedang melayani pemohon pembuatan Akta Kelahiran seacar massal yang digelar di aula kantor Desa Pamarican. Photo: Suherman/HR.

IMG_20151112_103717Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melayani pembuatan Akta Kelahiran massal yang digelar di aula kantor Desa Pamarican, Kamis (12/11/2015). Tercatat sebanyak 97 pemohon datang untuk mendapatkan akta kelahiran secara gratis.

Kepala Dina Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, Drs. H. Adang Darajat, mengatakan, program pembuatan Akta Kelahiran yang dilaksanakan ke setiap desa adalah sebagai wujud untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

“Untuk mempermudah pelayanan, petugas kami akan datang ke masing-masing desa, dan melayani pembuatan Akta Kelahiran. Alhamdulillah, dari sekian kali kegiatan, masyarakat bisa menikmati pelayanan secara gratis,” terang Adang, kepada HR Online.

Menurutnya, pembuatan Akta Kelahiran dengan cara jemput bola ini selain untuk mempermudah pelayanan masyarakat, juga bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran biaya pemohon.

“Biasanya, jika pemohon datang langsung ke kantor Dinas Capil, mereka pastinya bisa menghabiskan biaya transport yang cukup besar. Satu orang pemohon kan diharuskan membawa saksi dua orang, bisa dibayangkan, ongkos ke Ciamis akan menghabiskan berapa, belum ditambah pengeluaran lainnya,” kata Adang.

Kepala Desa Pamarican, Endang Rahman, menyebutkan, ada 97 pemohon yang datang untuk medapatkan Akta Kelahiran dari Dinas Pencatatan Sipil. “Alhamdulillah, semuanya bisa terlayani dan mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya progran ini,” katanya. (Suherman/R3/HR-Online)