80 Persen Kondisi Infrastruktur Jalan di Pangandaran Buruk

Kondisi jalan rusak di jalur ke Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ketua Komisi III Bidang Infrastruktur DPRD Kabupaten Pangandaran, Wowo Kustiwa, menargetkan tahun 2018 kondisi infrastruktur jalan di Pangandaran bisa sejajar dengan kabupaten lain.

Pasalnya, Kabupaten Pangandaran yang mempunyai panjang jalan kurang lebih 600 kilometer, hampir 80 persen atau 480 kilometer kondisinya masih buruk. Sementara yang kondisinya baik hanya 20 persen atau sekitar 120 kilometer.

“Jalan sepanjang 480 kilometer itu penghubung jalan kecamatan dengan desa, dan jalan perbatasan dengan kabupaten tetangga kondisinya masih buruk. Sementara yang mulus baru jalan utama, yaitu jalan Parigi, Cijulang, dan Cimerak saja,” jelas Wowo, kepada HR Online, Senin (28/12/2015).

Lanjut Wowo, Kabupaten Pangandaran memiliki jalan nasional dari Padaherang-Pangandaran sampai ke Cimerak dengan panjang kurang lebih 93 kilometer. Sementara jalan provinsi kurang lebih hanya 6 kilometer, yaitu jalan perbatasan Kalipucang sampai perbatasan Majingklak.

Selama tahun 2015, prioritas pembangunan jalan infrastruktur jalan penghubung antar kecamatan dan desa menelan anggaran sebesar Rp.140 miliar. Maka, pada tahun 2018, masih ada infrastruktur jalan sepanjang 480 kilimeter yang bisa diperbaiki. Diperkirakan, dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan sepanjang itu mencapai Rp.500 miliar.

“Saya yakin, di tahun 2018, jalan-jalan di Kabupaten Pangandaran akan membaik,” pungkas Wowo. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA