Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisGOW Purwadadi Ciamis Ajak Kaum Ibu Cintai Budaya Daerah

GOW Purwadadi Ciamis Ajak Kaum Ibu Cintai Budaya Daerah

Dua orang peserta tampak berlenggok dalam kegiatan fashion show saat memperingati Hari Ibu di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Photo: Suherman/HR.

IMG_20151222_125504

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Guna meningkatkan tali silaturahmi, sekaligus mengajak untuk selalu mencintai budaya daerahnya, kaum ibu di wilayah Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, secara serempak memakai pakaian kebaya saat merayakan peringatan Hari Ibu yang digelar Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kecamatan Purwadadi.

Berbagai kegiatan yang digelar di aula kantor Kecamatan Purwadadi, pada hari Selasa (22/12/2015) itu meliputi, lomba fashion show tradisional Jawa Barat, lomba menyanyi solo, dan lomba tumpeng.
Ketua GOW Kecamatan Purwadadi, Hj. Sugiarti, mengatakan, lomba tersebut diikuti seluruh instansi yang ada di Kecamatan Purwadadi, Kader PKK, serta ibu-ibu muslimat. “Alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias ibu-ibu. Terlihat seluruh desa yang ada mengirimkan perwakilannya,” ucapnya.

Sugiarti menyebutkan, dalam kegiatan itu para peserta diharuskan berbusana kabaya, baik itu peserta fashion show maupun peserta tarik suara. Begitu pula kaum ibu yang hadir dalam kegiatan.
Nunung Hartini, dewan juri yang menilai semua kegiatan lomba, mengatakan, dalam penilaian lomba kali ini, yang paling disoroti adalah pakaian. Lantaran, selain kepiawaian peserta dalam mengikuti lomba, baju merupakan salah satu yang menjadi penunjang dalam penilaian.

“Kami memberikan penilaian dari segi penampilan, action, keserasian busana, kekompakan peserta, serta ekspresi dan penguasaan panggung. Satu hal yang paling diutamakan adalah segi busana kebaya. Namun, untuk lomba tarik suara, tetap suara yang akan menentukan peserta dalam penilaian,” terang Nunung.

Ani Handayani, salah seorang peserta lomba tarik suara asal Desa Kutawaringin, mengaku gembira dengan diadakannya kembali lomba antar desa yang diselenggarakan di kecamatan.

“Saya sudah beberapa kali mengikuti lomba seperti ini. Target saya bukan juara, tapi bagaimana bisa memberikan semangat kepada ibu-ibu yang lain, agar mereka juga tidak malu untuk mengikuti lomba. Bahkan, nama baik desa juga dipertaruhkan dalam ajang ini,” tutur Ani.

Sementara itu, Camat Purwadadi, Yayat Ahadiyat, SH., mengaku dirinya sangat tergugah melihat semangat kaum ibu yang secara gebyar ikut memeriahkan acara Hari Ibu.

“Walau kegiatan ini dilaksanakan sederhana, namun antusias mereka cukup tinggi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan ke depannya kegiatan seperti ini bisa lebih ditingkatkan dan lebih gebyar lagi,” kata Yayat. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -