Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita PangandaranJalankan Komitmen Peduli HAM, Pemkab Pangandaran Buat RanHAM

Jalankan Komitmen Peduli HAM, Pemkab Pangandaran Buat RanHAM

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Penjabat Bupati Pangandaran, Daud Achmad, mengungkapkan, setelah mendapat penghargaan Peduli HAM, pihaknya diminta oleh Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) untuk menandatangani komitmen bersama dalam rangka menjaga dan memfasilitasi hak-hak dasar manusia agar tetap berlangsung serta terjaga di Kabupaten Pangandaran.

“Jadi, tidak hanya sekedar mendapat penghargaan saja, tetapi kami pun dituntut untuk meningkatkan capaian Peduli HAM melalui program pro rakyat yang digulirkan di masyarakat. Dan hasil dari program itu akan dipantau terus oleh Kemenkumham,” ungkapnya, ketika dihubungi Koran HR, Sabtu (12/12/2015).

Daud pun berharap kedepan capaian prestasi ini dapat terus ditingkatkan oleh Pemkab Pangandaran.

Karena misi dari program pemenuhan dan peningkatan hak-hak dasar manusia, seperti hak pendidikan, kesehatan dan pemberantasan kemiskinan, sangat sejalan dengan cita-cita pemekaran Kabupaten Pangandaran.

[Berita terkait: Pemkab Pangandaran Raih Penghargaan Peduli HAM]

Daud mengungkapkan, sebagai bentuk realisasi menjalankan komitmen yang sudah ditandangani bersama dengan Kemenkumham, dalam meningkatkan program Peduli HAM, pihaknya saat ini tengah menyusun RanHAM atau rencana aksi Hak Asasi Manusia yang programnya akan digulirkan pada tahun 2016 mendatang.

“SKPD teknis seperti Disdikbudpora dan Dinas Kesehatan kini tengah menyusun program-program RanHAM. Seperti program hak pendidikan rencana aksinya tengah digodok di Disdikbudpora, begitupun program hak akses kesehatan tengah digodok di Dinas Kesehatan. Kami berharap prestasi ini bisa terus terjaga dan ditingkatkan lagi kedepannya,”pungkasnya. (Mad/R2/HR-Online)