Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisMasyarakat Ciamis Belum Faham Pentingnya Administrasi Kependudukan

Masyarakat Ciamis Belum Faham Pentingnya Administrasi Kependudukan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

ILUSTRASI-PELAYANAN-GRATIS

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masih banyaknya masyarakat yang belum memahami akan pentingnya administrasi kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Ciamis, menilai, informasi terkait pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akta Kelahiran perlu disampaikan oleh pihak kecamatan.

Hal itu dikatakan Kebid. Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Ciamis, Dede Nandang, kepada HR Online, usai menggelar sosialisasi Administrasi Kependudukan kepada sejumlah Kasi. Kesra dan Kasi. Pemerintahan, Ketertiban dan Keamanan Desa dari enam kecamatan, meliputi Kecamatan Cidolog, Cimaragas, Pamarican, Banjarsari, Purwadadi dan Kecamatan Lakbok, bertempat di Gedung Dakwah Islam Banjarsari, Selasa (22/12/2015).

“Kami menyampaikan beberpa materi terkait dengan pelayanan pembuatan KTP, KK serta Akta Kelahiran. Karena, selama ini masih banyak kekurang fahaman masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan,” ujarnya.

Menurut Dede, pihaknya terus berupaya bagaimana caranya agar masyarakat lebih bisa mementingkan administrasi kependudukannya. Seperti halnya dalam mengurus akta kelahiran, dimana dalam pembuatan akta kelahiran, pemerintah telah mempermudah pelayanan.

“Dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran, kami terus melakukannya dengan cara jemput bola ke tiap-tiap desa,” katanya.

Selain itu, lanjut Dede, pihaknya juga memberikan sosialisasi yang berkaitan dengan adanya administrasi baru yang harus ditempuh oleh masyarakat, yaitu terkait akta kematian. Sebab, pembuatan akta kematian pun dipandang penting, sehingga kini masyarakat diwajibkan untuk membuatnya.

“Untuk masalah akta kematian, caranya sama halnya dengan pembuatan akta kelahiran, dimana masyarakat tinggal membuat laporan kematian keluarganya ke desa dan kecamatan setempat. Nanti data laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh kami,” terangnya.

Dede menambahkan, untuk mendapatkan akta kematian tergantung kebutuhan dari keluarga, dan dalam pembuatannya masyarakat tidak dibebani biaya apapun, semuanya gratis. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -